Jerawat Batu 3

Faktor Penyebab Jerawat Batu

Jerawat batu memang bisa membuat masalah bagi siapa saja. Memiliki bahasa keren Cystic Acne, jerawat jenis ini adalah jenis jerawat yang paling ingin dihindari siapa saja. Namun nyatanya jerawat ini mudah menghampiri mulai dari remaja sampai dewasa. Cystic acne dapat terlihat dari bentuk jerawat dalam ukuran yang besar, lebih besar dari pada jerawat biasa karena peradangan yang sangat hebat. Bentuknya pun menonjol dan terasa sangat menyakitkan. Biasanya muncul pada area wajah terutama bagian pipi dan dagu. Namun apa saja penyebab jerawat yang satu ini?

Penyebab jerawat yang satu ini bisa karena beberapa faktor. Faktor pertama adalah faktor keturunan. Keturunan atau gen bisa memegang peranan penting jerawat berjenis batu ini terjadi. Bisa saja dulunya ayah kita juga memiliki problema jerawat ini atau mungkin saja ibu kita.

Pertumbuhan sel kulit yang tidak normal juga bisa menjadi penyebab munculkan jenis jerawat batu yang satu ini. Bisa saja sel kulit yang menjadi tidak beregenerasi membuat jerawat jenis ini mudah menghampiri kulit. Kalau sudah seperti itu, ada baiknya anda berkonsultasi ke dokter kulit untuk mengatasi masalah sel kulit ini.

Kulit yang sensitif dan kelenjar minyak berlebih juga bisa jadi faktor pemicunya. Beberapa orang dengan jenis kulit sensitif atau sangat berminyak bisa dengan mudah terserang jerawat jenis ini. Selain juga karena kulit sensitif atau berminyak dapat membuat risiko penyumbatan pori – pori dan peradangan lebih mudah terjadi.

Dan yang terakhir adalah faktor kebersihan. Bisa saja mereka yang tidak mencuci tangan atau sering menyentuh bahkan mencongkel jerawatnya membuat jerawat batu itu menjadi lebih mudah muncul. Kalau sudah seperti ini, saran terbaik tentu adalah dengan membiasakan diri tidak menyentuh jerawat tersebut.