7 langkah mencuci tangan yang benar

cuci tangan steril

Seperti yang kita ketahui di Indonesia masih banyak sekali orang – orang yang belum paham betul pentingnya kebersihan. Salah satunya adalah kebersihan tangan. Karena tangan merupakan anggota tubuh yang paling banyak menyentuh benda – benda yang tidak diketahui kehigienisannya. Selain itu juga tangan menjadi anggota tubuh yang berguna untuk mengambil makanan dan memasukkan ke dalam mulut. Dan juga tangan berguna untuk membersihkan diri dari kotoran. Maka dari itu pada kesempatan yang baik ini saya akan memberikan penjelasan mengenai 7 langkah cuci tangan steril yang bisa melindungi anda dari bahaya kesehatan.

Mencuci tangan memang hal kecil, tapi sama sekali bukan hal yang sepele. Bayangkan, seandainya putra – putri kesayangan anda setelah asik bermain dengan tangan yang belepotan kotoran, pergi ke meja makan dan langsung mengambil makanan yang ada. Dapat dipastikan tidak lama kemudian atau esok hari buah hati anda akan mengeluh perutnya sakit, badan panas, dan lain sebagainya, yang berati buah hati anda akan jatuh sakit. Tentu sebagai orang tua Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Maka dari itu mari bersama – sama belajar cara cuci tangan yang benar.

Langkah – langkah dalam mencuci tangan yang benar :

  1. Basahi kedua tangan terlebih dahulu menggunakan air mengalir
  2. Gunakan sabun pencuci tangan yang bagus dan ampuh menghilangkan kuman. Salah satunya adalah sabun pencuci tangan dari lifebuoy yang ampuh 99% membersihkan tangan dari kuman yang menempel.
  3. Gosok dari telapak kanan ke telapak kiri, hingga menghasilkan busa sabun yang banyak selama kurang lebih 20 detik. Lalu gosok telapak tangan bagian atas terlebih dahulu. Bergantian dari kanan ke kiri. Setelah telapak tangan bagian atas, lalu bagian sela – sela jari yang digosok. Kemudian berlanjut ke telapak tangan bagian dalam, jempol, keempat jari dan tulang punggung jari – jari.
  4. Bilas kembali menggunakan air bersih
  5. Tutup keran air menggunakan tisu atau menggunakan siku
  6. Keringkan tangan menggunakan handuk atau tisu
  7. Hindari menyentuh benda disekitar anda setelah cuci tangan steril.