Permainan anak bayi

Permainan Anak Bayi Usia 1 Bulan hingga 6 Bulan

Permainan anak bayi yang dilakukan oleh orang tua sangat berperan besar dalam membantu perkembangan anak baik perkembangan motorik maupun perkembangan psikologisnya. Menurut ahli kesehatan anak, dalam pertumbuhan anak secara maksimal orang tua harus melakukan 3 faktor yang sangat penting yaitu:

• Pertumbuhan fisik. Hal ini dapat terpenuhi dengan asupan makanan yang mengandung nutrisi dan dapat mempengaruhi pertumbuhan otak.
• Kasih sayang. Hal ini berpengaruh untuk melatih kecerdasan emosi dan kemandirian anak Anda.
• Stimulasi dini. Hal ini dapat merangsang perkembangan seluruh bagian indra anak.

Stimulasi dini dapat dilakukan dengan permainan untuk anak bayi yang dapat dibedakan sesuai dengan tingkatan umur anak. Untuk anak bayi umur 0 hingga 3 bulan, permainan yang dapat dilakukan orang tua adalah memeluk, menggendong, bertatapan mata, mengajak senyum, mengajarkan untuk berbicara, mengajarkan bernyanyi, menggulingkan bayi ketika terlentang atau dalam posisi tengkurap hingga merangsang indera bayi dengan memegangkan makanan kecil atau mainan.

Menjelang usia 3 bulan hingga 6 bulan, permainan anak balita dapat ditambah denga permainan lain yang dapat merangsang indera bayi yaitu permainan cilukba, permainan untuk merangsang anak agar tengkurap dan kembali pada posisi telentang hingga permainan melihat wajah bayi di cermin. Tentunya peran orang tua sangat penting dalam tumbuh dan kembang anak, jadi kurangi pekerjaan Anda dan berikan perhatian anak lebih besar.