Melatih Multiple Intelligence Pada Anak

Multiple intelligence pada anak memang selalu ada dan hanya perlu dikembangkan agar potensinya semakin meluas. Banyak pakar pendidikan yang melihat potensi dari kecerdasan seorang anak sangat berbeda-beda, namun karena tidak dilatih atau malah orangtua tidak melihatnya sebagai potensi yang menonjol, maka kecerdasan sang anak itu tidak terlihat. Ada 8 jenis kecerdasan yang dikenal juga sebagai multiple Intelligences yaitu adalah kecerdasan bahasa, kecerdasan matematis, visual, musikal, kinestetik dan interpersonal. Lalu bagaimana cara melatih kemampuan intelejensia anak itu terus berkembang?

Pertama, jelilah membaca dan melihat bakat dan kemampuan anak. Belum tentu bila anak anda tidak bisa dalam pelajaran matematika adalah pertanda ia adalah anak yang tidak pintar. Karena kemampuan setiap anak berbeda-beda, belajarlah mengenali kecerdasannya berada dimana. Bisa jadi anak jago dalam pelajaran olahraga atau malah seni. Ini berarti ada kemungkinan mereka memiliki kecerdasan kinestetik dan musikal. Nah hal-hal seperti itu harus diperhatikan benar-benar oleh orangtua.

Juga pupuklah rasa percaya diri anak kita sendiri. Berikan ia semangat agar ia tahu orangtua mendukung semua potensi dan kemampuan dirinya sendiri. Bila orangtua mau mendukung dan selalu ada disisinya, ini akan membuat anak menjadi siap untuk terus melatih kemampuan multiple intelligence di dalam dirinya. Jadi yuk orangtua, lebih fokus dan jeli membaca kemampuan si kecil sejak dini!