Nutrisi Sehat

7 Nutrisi Sehat Yang Di Butuhkan Oleh Anak

Anak merupakan anugerah terindah yang di berikan oleh Sang Pencipta bagi setiap keluarga. Menjaga dan merawatnya hingga tumbuh menjadi dewasa merupakan tugas wajib bagi kedua orang tua. Dalam hal ini, ibu dan bapak harus mengajarkan semua perilaku yang baik dan memberikan nutrisi yang sehat dan bergizi untuk buah hatinya. Terkait dengan nutrisi, ada beberapa nutrisi utama yang harus di dapatkan anak dalam masa pertumbuhannya.

Pengetahuan mengenai nutrisi atau gizi yang dibutuhkan oleh anak relatif kurang di negara tercinta ini. Untuk itulah, pemberian informasi tentang nutrisi yang dibutuhkan oleh anak merupakan masalah yang begitu teramat penting. Tujuannya sangat jelas, agar anak-anak Indonesia tidak ada lagi yang mengalami kekurangan gizi pada masapertumbuhannya. Ada beberapa nutrisi penting yang harus di berikan pada anak anda. Berikut ini adalah 7 nutrisi sehat yang dibutuhkan oleh anak antara lain :

Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi utama yang dibutuhkan oleh anak. Fungsi protein sendiri yaitu untuk membantu masa pertumbuhan anak sekaligus memperkuat otot anak anda. Berbagai makanan yang mengandung protein yaitu aneka makanan laut, daging non lemak, telur dan kedelai.

Buah-Buahan

Buah-Buahan

Buah-Buahan

Aneka macam jenis buah-buahan menyimpan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh putra-putri anda. Nutrisi yang dimaksud yaitu aneka vitamin, serat dan antioksidan yang membantu meningkatkan kesehatan tubuh anak dan menjaga daya tahan tubuh anda agar selalu sehat.

Sayuran Bewarna Hijau

Dalam hal ini, usahakan memasak sendiri sayur-sayuran seperti bayam dan kangkung dan menghidangkannya sebagai menu harian keluarga anda. Aneka sayur-sayuran khususnya bayam mengandung vitamin A serta K, magnesium, protein, kalsium, serat, mangan serta folat yang dibutuhkan anak anda.

Susu

Inilah salah satu minuman sehat sekaligus nutrisi penting yang dibutuhkan oleh buah hati anda. Ini dikarenakan, susu mengandung bermacam-macam nutrisi seperti vitamin A, kalsium, vitamin D serta sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi anak anda.

Zat Besi

Aneka makanan yang mengandung zat besi antara lain daging merah, ayam serta aneka sayur-sayuran khususnya bayam. Zat besi sendiri bertujuan untuk mencegah anemia serta agar tidak mudah lelah dalam aktivitas anak sehari-hari.

Kalsium

Kalsium menjadi salah satu nutrisi wajib bagi anak. Fungsi kalsium yaitu agar tulang anak tetap sehat serta mencegah pengeroposan tulang atau osteroporosis. Sumber kalsium antara lain aneka sayuran hijau khususnya bayam.

Lemak Sehat

Omega 3, Omega 6, minyak zaitun serta kacang-kacangan merupakan lemak sehat yang sangat dibutuhkan oleh anak anda. Khusus untuk asam lemak omega 3 dan 6 terdapat dalam aneka jenis ikan laut seperti salmon, teri serta sarden. Salah satu fungsi lemak sehat yaitu menutrisi organ otak anak anda sehingga kesehatan anak anda akan tetap terjaga.