Tumbuh kembang anak balita

Sumber Gizi Untuk Tumbuh Kembang Anak Balita

Gizi adalah hal penting yang harus diperhatikan orang tua terhadap tumbuh kembang anak balita. Pasalnya, balita merupakan masa golden age yang mesti terus diperhatikan asupan nutrisinya. Peranan seorang ibu terhadap ekologi anak juga sangat besar. Maksudnya yakni mengenai pengaruh biologis dalam pertumbuhan sewaktu janin dan pengaruh psikologis dalam pertumbuhan balita serta perkembangan karakternya.

Asupan nutrisi yang terkandung dalam makanan juga harus dijaga kebesihannya. Misalnya dengan memasukkan makanan ke lemari pendingin lebih bersih jika dibiarkan di temapt terbuka. Adapun beberapa sumber gizi yang harus dipenuhi untuk perkembangan anak balita, antara lain:

ü  Karbohidrat sebagai sumber energi dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Biji-bijian adalah sumber karbohidrat yang paling bagus,

ü  Protein sebagai asupan untuk perkembangan otak anak balita,

ü  Asam lemak esensial seperti omega 3, 6 serta 9 sangat diperlukan. Nutrisi ini bisa diperoleh melalui minyak zaitun maupun minyak ikan,

ü  Air tidak melulu berbentuk cair, air bisa didapat dari makanan juga,

ü  Vitamin serta mineral merupakan nutrisi yang dibutukan dengan jumlah sedikit, tapi tubuh tetap tidak boleh kekurangan sumber gizi ini.

Pemberian gizi untuk tumbuh kembang anak balita jangan terlalu berlebihan, harus diberikan dengan seimbang. Lingkungan pun juga berpengaruh terhadap potensi yang akan dibawa balita. Lingkungan yang baik akan membawa potensi baik sedangkan lingkungan dalam kategori kurang baik akan menghambat potensi bawaan tersebut. Selain lingkungan, faktor genetik dapat mempengaruhi perkembangan balita terutama IQ.