Tips Menggunakan Terigu Protein Rendah Untuk Kue Kering

tepung terigu protein rendah

tepung terigu protein rendah

Untuk membuat kue kering kita harus menggunakan tepung terigu yang sesuai, yaitu tepung terigu protein rendah. Jangan salah menggunakan tepung terigu dengan kadar protein yang lain. karena masing-masing level protein pada tepung terigu dimaksudkan untuk membuat penganan atau makanan yang berbeda. Hal itu terkait dengan kekenyalan, cara mengembang, juga kekokohan penganan atau makanan yang dibuat. Tepung terigu dengan kadar protein rendah sendiri pada umumnya memiliki kadar protein maksimal hingga 11% dan jika dipanggang akan memiliki kerenyahan yang tidak dimiliki oleh tepung terigu dengan kadar protein lainnya.

Jika anda membuat kue kering dengan hiasan diatasnya maka ada sebuah tips agar kue anda tidak terlalu lama di dalam ruangan dan dapat segera dikemas. Untuk kue kering yang dihias dengan glasur sebaiknya dipanggang dengan suhu antara 70-100 derajat Celcius. Sementara itu ada kalanya ketika setelah dipanggang kue kering tidak memiliki bentuk yang sempurna namun bentuknya jadi melebar. Ini bukan dikarenakan tepung terigu protein rendah, namun terdapat adonan yang kurang pas ketika membuat adonannya. Terutama terkait dengan masalah penccampuran mentega dan gula. Jika adonan dikocok dengan gula dan mentega dengan waktu yang terlalu lama, maka kemungkinan besar kue kering yang dibuat akan menjadi melebar.

Karena itu sebaiknya waktu yang dibutuhkan untuk mengocok gula dan mentega adalah selama dua menit saja. Jangan kurang dan jangan lebih. Namun apabila adonan hanya terbuat dari margarin saja maka pengocokannya bisa berlangsung lebih lama, tapi itupun tidak boleh lebih lama dari empat menit.