Pola Hidup Sehat Untuk Anak Sehat Dan Disiplin

Anak Sehat

Membiasakan pola hidup bersih pada anak adalah hal wajib agar mereka tumbuh menjadi anak sehat secara mandiri, tidak bergantung pada orang lain. Melatih anak-anak untuk menerapkan pola hidup sehat sejak dini sebenarnya tidak sulit apabila orang tua mau memulai dan memberi contoh. Sayangnya, banyak orang tua yang kurang memperhatikan hal tersebut. Padahal, jika sudah dibiasakan dari kecil, maka untuk seterusnya bahkan hingga anak tumbuh dewasa, ia akan terus melakukan pola hidup sehat tersebut.

Mungkin untuk balita sehat masih agak sulit, tapi kita juga bisa mengajarkan kebiasaan hidup bersih pada mereka, misalnya membiasakan cuci tangan sebelum tidur, cuci kaki, sikat gigi, dll. Bagi anak-anak yang sudah mulai besar, kita bisa mengajarkan hal-hal berikut:

  • Sebisa mungkin menghindari makanan instan dan makanan cepat saji.
  • Lebih menyukai sayuran dan buah-buahan.
  • Rajin mandi minimal sehari 2 kali.
  • Rajin berolahraga, minimal 1x dalam seminggu.
  • Membiasakan cuci tangan sebelum makan, setelah ke wc, setelah bermain, dll.

Pola hidup sehat apabila dijalankan dan dibiasakan dari dini akan membawa pengaruh yang baik pada anak. Selain menjadikan mereka pribadi yang sehat, juga menjadikan mereka lebih mandiri dan disiplin. Untuk itu, penting kiranya bagi para orang tua untuk mulai menerapkan pola hidup sehat dan bersih pada anak sejak mereka masih berusia dini dengan membiasakan sesuatu yang sederhana namun akan terus dilakukan hingga ia tumbuh dewasa agar tetap menjadi anak sehat hingga ia tumbuh besar.