perawatan wajah

Perawatan Wajah Di Malam Hari

Jika Anda mengira para selebriti wanita baik di tanah air maupun di dunia selalu tampil cantik karena operasi plastik, atau suntik filler  saja, Anda mungkin keliru. Karena dasar dari kulit yang sehat dan mulus adalah perawatan rutin yang dilakukan di malam hari. Berikut ini adalah beberapa perawatan wajah di malam hari yang patut Anda tiru.

Deep Cleansing

mencuci muka

Mencuci muka secara rutin tiga hari sekali sangat penting bagi kebersihan kulit wajah, terutama di malam hari. Pilih sabun pembersih wajah yang kadar busanya sangat rendah, dan usapkan sabun dengan telapak tangan secara halus sehingga tidak menimbulkan iritasi. Mulailah tahap deep cleansing dari area T wajah (hidung, dan dahi) yang dilanjutkan dengan area sekitar pipi dan dagu. Terapkan teknik melingkar menuju ke arah sisi luar wajah untuk memberikan efek relaksasi sekaligus melancarkan peredaran darah. Bagi si kulit kering, jangan terlalu lama melakukan proses deep cleansing ini, cukup 1-2 menit saja.

Cooling 

Tahap penyegaran sebenarnya sangat dibutuhkan bagi kulit wajah. Selain untuk memberikan sensasi dingin serta efek relaksasi, pemberian penyegar juga membantu membersihkan sisa kotoran, sebum, debu, ataupun bakteri yang masih menempel di kulit wajah walau sudah melakukan tahap deep cleansing . Gunakan kapas saat mengaplikasikan penyegar di wajah, hindari membersihkan area mata, karena umumnya penyegar juga mengandung alkohol yang sifatnya mengeringkan kulit. Pilih penyegar dengan ekstrak susu, lemon, atau yang lainnya.

Scrubbing

Produk dengan butiran scrub  sangat baik untuk mengangkat kulit mati serta kotoran dan sebum yang masih menempel pada wajah. Scrub  tidak dianjurkan dilakukan bagi jenis kulit kering. Tahap scrubbing cukup dilakukan dua hari sekali di malam hari setelah tahap deep cleansing,  dan fokus di area yang biasanya bermasalah saja seperti dahi dan hidung.

Moisturizing 

Khusus bagi Anda yang tidur di ruangan ber-AC, tahap ini sangat penting untuk menjaga kelembaban serta menghindari dehidrasi akibat ion negatif yang dikeluarkan oleh mesin pendingin udara. Pilih produk moisturizing  yang mengandung squalane  dan sarang burung walet yang sangat baik untuk kelembaban serta kelembutan kulit wajah Anda.

Nutrition 

Ini juga menjadi tahap paling penting dalam ritual kecantikan di malam hari. Seperti halnya tubuh kita yang membutuhkan makanan, vitamin dan zat lainnya, kulit wajah juga membutuhkan nutrisi yang baik untuk lapisan dermis dalam meningkatkan kolagen serta perbaikan tekstur permukaan kulit wajah. Penggunaan krim malam dan serum khusus wajah secara rutin dapat mencegah sekaligus mengatasi permasalahan seperti jerawat, kulit kusam, komedo, pori-pori besar, sebum dan kulit gelap.