Langkah Sederhana Cegah Flu Babi

Cegah Flu Babi

Cegah Flu Babi

Penyakit flu babi merupakan salah satu penyakit flu yang berbahaya karena berasal dari hewan. Gejala flu ini tidak seperti gejala flu biasa atau yang disebut dengan istilah selesma. Pada gejala  selesma, penderita hanya mengalami batuk dan bersin yang tidak terlalu parah yang diakibatkan dari kuman yang masuk dalam tubuh saat daya tahan tubuh sedang melemah. Berbeda dengan gejala flu yang disebabkan oleh hewan tanda awalnya memang serupa namun disertai gejala lain yang cukup parah.

Penyebab utama penyakit flu ini disebabkan oleh virus orthomyxoviridae yang umum terdapat pada populasi babi. Virus tersebut dapat menular dengan cepat kepada manusia yang sering berinteraksi langsung dengan hewan tersebut. Jika sudah terkena maka selain orang tersebut, anggota keluarga yang lainnya juga mulai terancam mengingat virus ini sangat mudah menular. Oleh karena itu ada beberapa pencegahan yang harus anda lakukan apalagi jika anda memiliki hewan ini.

Pencegahan yang pertama anda dapat melakukan vaksin terhadap hewan peliharaan anda agar kondisinya selalu sehat. Selain anda sendiri juga harus mendapatkan vaksin guna mencegah bilamana ada hewan anda yang terkena virus tersebut dan tidak terkontrol sebelumnya. Mengingat gejala pada penyakit ini cukup menyakitkan sehingga bagi anda yang sering berinteraksi dengan hewan ini, anda harus waspada. Gejala awalnya sangat beragam dan semakin hari semakin parah jika tidak segera ditangani.

Tanda awal penyakit flu babi ini berupa batuk yang disertai rasa sakit pada bagian dada. Selain itu suhu badan terus mengalami peningkatan dan timbulan rasa pusing yang teramat sangat. Ada beberapa anggota tubuh yang terasa linu sehingga anda juga tidak mampu untuk terbangun dari tempat tidur anda. Ada juga beberapa penderitanya yang mengalami mual dan muntah karena tidak nyaman di bagian perut. Dengan mengetahui beberapa gejala di atas setidaknya dapat menjadi gambaran bagi anda untuk mencegah penyebaran virus ini.