Dapatkah Hand Sanitizer Menggantikan Sabun?

Hand Sanitizer Terbaru

Hand sanitizer merupakan cairan pembersih tangan yang memiliki kandungan alkohol sebagai antiseptik. Bahan lain yang menyertainya adalah air, glycerin, dan parfum. Cairan ini dapat membunuh sebagian besar bakteri dan virus penyakit, termasuk virus flu. Banyak orang yang menggunakan cairan tersebut karena sangat praktis dan mudah digunakan. Sehingga, jika kita sedang bepergian kemudian sulit mendapatkan air dan sabun, cairan tersebut bisa menjadi penolong pertama pencegahan penyakit menular.

Meski hand sanitizer dapat membunuh banyak virus penyakit, bukan berarti anda tidak perlu lagi mencuci tangan menggunakan sabun dan air. Cairan beralkohol tersebut merupakan pelengkap, bukan pengganti. Cara yang paling ideal membersihkan tangan adalah dengan menggunakan sabun dan air hangat selama 20 hingga 30 detik. Jika anda selesai menggunakan tolet, mengganti popok, hendak makan, atau menyiapkan makan, usahakanlah untuk mencuci tangan menggunakan air dan sabun. Anak-anak sangat rentan terkena virus dan bakteri, maka dari itu jangan lupa membersihkan tangan menggunakan sabun setiap anda selesai mengganti popok.

Gunakanlah cairan beralkohol ketika anda benar-benar sulit menemukan air. Cara menggunakannya adalah dengan meratakanya pada seluruh bagian tangan (depan dan belakang), sela-sela jari, serta di sekitar kuku. Kemudian tunggu hingga kering. Menggunakannya memang jauh lebih mudah dan cepat. Tapi, tetap saja tidak lebih baik daripada menggunakan sabun dan air. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.