Cara Mendaftar IPB Lewat Jalur UTMI

UTMI IPB

IPB dan syarat penerimaan tak hanya bisa ditempuh lewat jalur SNMPTN. Ada jalan lain yaitu lewat Ujian Talenta Masuk IPB atau disingkat UTMI. Apa itu UTMI dan bagaimana cara pendaftarannya? Mari kita bedah bagaimana cara-cara pendaftarannya berikut.

Pertama, syarat-syarat ikut jalur UTMI adalah sang peserta sudah memenuhi syarat akademik, memiliki kemampuan yang baik yang bisa dipertimbangkan untuk menerima beasiswa.

Pendaftaran sendiri dilaksanakan cukup mudah yaitu secara online melalui situs http://utm.ipb.ac.id.  Caranya calon pendaftar tinggal membuat akun pendaftaran pada menu Daftar,mengisi formulir yang tersediadengan memilih dua program studi yang paling diminati. Pikirkan matang-matang saat mengisi pilihan program studi ini ya, karena nanti program studi yang sudah dipilih tak bisa dibatalkan lagi.

Setelah sudah, maka calon pendaftar tinggal mendapatkan nomor pendaftaran sebanyak 10 digit dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 500.000. Prosedur lain adalah mencetak kartu ujian dan bisa langsung mengikuti ujian tertulis sesuai yang dijadwalkan IPB.

Cukup simpel bukan? Iya, namun tentu tes ujian tertulis yang ditentukan IPB benar-benar harus kamu kerjakan dengan baik. Tak hanya tentang melengkapi persyaratan saja, namun kemampuan akademik dan praktikal kamu memang mesti dibuktikan saat melakukan tes ujian tertulis.

Nah yang tak kalah pentingnya adalah menyiapkan persyaratan bila kamu lolos seleksi UTMI. Apa saja persyaratan yang harus dipenuhi? Yaitu dokumen-dokumen seperti surat keterangan penghasilan orang tua, kartu keluarga orang tua, bukti pembayaran listrik dan tentunya ijazah SMA lengkap. Ada baiknya kamu persiapkan semua persyaratan ini dari jauh-jauh hari agar bisa mempersiapkan semua kelengkapan saat sudah memperoleh hasil pengumuman tes.

Bila semua beres, sekarang kamu tinggal berdoa deh. Semoga impianmu masuk IPB lewat jalur UTMI ini bisa tercapai. Apalagi UTMI adalah  salah satu cara penerimaan mahasiswa program sarjana IPB yang selektif memilih calon mahasiswa-mahasiswanya yang berjiwa kepemimpinan, dan kewirausahaan yang solid. Sehingga tentu menjadi kebanggaan bila kamu bisa lulus tes tertulis lewat jalur ini. Bagaimana? Apakah kamu tertarik?