Cara Membersihkan Telinga Bayi

Cara Perawatan Bayi

Cara Perawatan Bayi

Cara perawatan bayi yang tepat harus dipelajari oleh setiap orangtua, terutama yang baru pertama kali mempunyai anak. Merawat dan menjaga kebersihan tubuh bayi adalah salah satu hal yang membutuhkan kehati-hatian dan perhatian khusus. Melakukannya tidak bisa seperti anda membersihkan tubuh sendiri karena kulit dan tubuhnya masih sangat rentan dan sensitif. Bagaimana dengan telinga? Membersihkan lubang telinga adalah tahapan yang cukup membuat bingung para orangtua. Perlukah kita melakukannya?

Anda mungkin melihat kotoran di dalam telinga si kecil dan ingin membersihkannya. Kotoran telinga sebenarnya merupakan pelindung lubang telinga. Dan jika sudah waktunya, kotoran tersebut akan keluar dengan sendirinya. Membersihkan lubang telinga menggunakan cotton bud hanya akan mendorong kotoran lebih dalam lagi, dan bahkan bisa sampai melukai gendang telinga. Jadi, bersihkanlah telinga bagian luar si kecil menggunakan cotton bud yang sudah dibasahi dengan air hangat atau baby oil. Ingatlah untuk hanya membersihkan bagian luarnya saja, jangan sampai masuk ke lubang telinga. Lakukanlah secara perlahan dan hati-hati.

Jika anda khawatir dengan kotoran telinga yang banyak atau terdorong ke dalam, kunjungilah dokter untuk mengeluarkan kotoran, sekalian memeriksakan infeksi yang mungkin terjadi. Hal ini sudah pasti aman karena mereka sudah terlatih untuk melakukannya dengan alat-alat yang tepat. Konsultasikan pada dokter apakah anak anda memerlukan cairan khusus untuk diteteskan di telinganya agar membuat kotorannya mencair sehingga lebih mudah dibersihkan. Semoga artikel mengenai cara perawatan bayi ini bermanfaat untuk anda.