Senam Khusus Ibu Hamil

Senam Hamil

Senam Hamil

Senam hamil ada baiknya selalu wanita hamil lakukan karena sangat banyak sekali manfaatnya. Manfaat dari senam ini dapat dirasakan oleh ibu dan janin yang ada di dalam kandungan sehingga mempunyai gerakan khusus. Berbeda dengan senam yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang gerakannya relatif sangat lincah dan menguras keringat. Untuk senam khusus ibu hamil gerakannya juga sangat simpel dan bisa dilakukan dengan santai.

Saya juga mempunyai pengalaman melakukan senam khusus ketika hamil tepatnya saat umur kandungan memasuki bulan kelahiran. Menurut bidan dan beberapa orang tua yang sudah berpengalaman saya harus sering melakukan senam ini agar bayinya lahir dengan mudah. Gerakan senamnya memang sangat simpel karena hampir menyerupai gerakan bersujud, hanya saja berbeda pada posisi tangan. Untuk senam ini posisi tangan dijulurkan ke depan sehingga bahu juga menempel di lantai.

Dalam satu hari gerakan senam tersebut baik dilakukan sebanyak 3 kali selama kurang lebih seperempat jam. Senam ini juga dapat mencegah terjadinya sungsang pada jabang bayi yang akan dilahirkan. Selain gerakan ini masih ada gerakan senam lainnya yang tidak kalah memiliki manfaat yang sangat penting terutama bagi janin. Di antaranya adalah senam dengan gerakan menyandar ke tangan yang dijulur ke belakang dan kaki direntangkan yang bertujuan membantu membuat nyaman posisi janin.

Jika anda wanita yang sedang hamil dan tertarik dengan gerakan senam hamil ini ada baiknya untuk mempraktekkannya bersama orang yang sudah berpengalaman. Hal ini sangat penting agar tidak terjadi kesalahan gerakan yang mungkin saja malah membuat janin merasa tidak nyaman. Atau dengan cara lain yaitu membeli buku panduan khusus untuk ibu hamil yang saat ini banyak tersedia di pasaran. Dengan begitu anda juga dapat melakukannya sendiri di rumah dengan aturan waktu yang ditentukan. 




Leave a Reply

Your email address will not be published.