Pengalaman Jajan Sembarangan

keracunan makanan

jajanan sembarangan

Makanan yang kotor atau tidak dimasak hingga matang bisa menyebabkan keracunan makanan. Pasalnya dalam makanan yang tidak bersih dan setengah matang tersebut kemungkinan besar tersimpan bakteri atau kuman yang bisa menyerang perut anda. Sehingga dalam seketika anda merasakan sakit perut, biasanya hingga diare dan muntah. Tapi hal itu adalah suatu bentuk mekanisme perlawanan tubuh kita untuk mengeluarkan bakteri dan kuman yang masuk.

Biasanya gejala diare dan muntah akan berlangsung selama sehari. Selama itu pastikan saja anda meminum banyak cairan agar tidak dehidrasi. Tapi jika berlanjut hingga lebih dari tiga hari anda harus berkonsultasi ke dokter. Karena bisa jadi keracunan makanan yang dialami cukup parah. Meskipun begitu, hal tersebut bisa dibilang cukup jarang terjadi.

Hal itu juga yang saya alami tiga hari yang lalu. Untung saja diare dan mual saya tidak berlangsung lama, sehingga saya tidak perlu pergi ke dokter. Selama saya keracunan saya minum banyak air. Tapi memang cukup menyiksa juga karena perut melilit dan rasanya agak pening juga, belum lagi mual yang dirasa. Pokoknya hal itu membuat saya kapok dan saya tidak akan jajan sembarangan lagi di pinggir jalan. Bukannya tidak boleh, tapi di lain kesempatan saya harus yakin terlebih dahulu jika memang makanan yang saya konsumsi itu benar-benar terjaga kebersihannya. Kalau tidak lebih baik tidak usah saja sekalipun jajanan itu benar-benar menggoda. Karena kalau sudah sakit perut badan bisa lemas dan kita tidak bisa melakukan apa-apa.




Leave a Reply

Your email address will not be published.