Diare Karena Alergi

Tidak hanya kuman penyakit atau masalah kebersihan saja yang bisa menjadi penyebab diare. Ada banyak faktor lain yang bisa menjadi pemicu sakit diare yang membuat penderitanya tak henti-henti buang air dan lemas. Salah satu hal yang paling berbahaya dari diare adalah kekurangan cairan. Maka dari itu orang yang terserang diare sangat diharuskan untuk minum air putih sebanyak mungkin atau cairan elektrolit guna mengganti kekurangan cair yang terjadi akibat buang air besar yang sering.

Alergi terhadap makanan atau obat tertentu ternyata juga bisa menjadi pemicu terjadinya diare pada anak dan orang dewasa. Maka dari itu jika anda terserang diare, coba anda periksa apakah anda baru saja memakan makanan atau minuman yang beda dari biasanya, atau anda baru saja menjalani program pengobatan tertentu.

Saat terserang diare, tidak perlu dilakukan konsumsi antibiotik. Namun jika anda terserang diare saat dalam masa pengobatan yang melibatkan antibiotik mungkin ini sebabnya. Konsumsi antibiotik kadang-kadang menyebabkan diare karena antibiotik bisa menyebabkan ketidakseimbangan bakteri dalam usus.

Susu dan produk yang berasal dari olahan susu juga bisa menjadi penyebab diare pada orang-orang tertentu yang mengalami lactose intolerance. Tubuh hanya memproduksi laktose (enzim untuk mencerna laktosa) dalam jumlah sedikit sehingga tidak mampu untuk mencerna gula alami laktosa. Gejala intoleransi laktosa bisa meliputi buang gas, pembengkakan, diare, dan kram perut.

Penyebab Diare

Penyebab Diare




Leave a Reply

Your email address will not be published.