Tips Mencegah Peradangan Usus

Keracunan makanan dapat menyebabkan penyakit disentri kini tidak bisa dianggap penyakit yang dianggap remeh. Penyakit ini menimbulkan gangguan dalam tubuh yaitu peradangan usus, khususnya usus besar yang dapat menimbulkan sindrom. Penyakit ini seringkali terjadi karena kebersihan yang tidak terjaga dengan benar, baik kebersihan diri atau individu atau kebersihan lingkungan tempat tinggal. Dan biasanya penyakit ini menyerang balita. Untuk mencegah hal tersebut terjadi ada beberapa tips untuk mencegah penyakit ini. Antara lain :

  •  Pemberian ASI Bukan Susu Kaleng

ASI (Air Susu Ibu) berperan penting dalam mencegah penyakit ini. Karena ASI terjamin kebersihannya. Selain itu ASI mengandung zat antibody yang berperan penting mencegah bibit penyakit masuk ketubuh.

  •  Gunakan Air Bersih Untuk Mandi

Terkadang masyarakat bantaran sungai/kali mengacuhkan peran penting air bersih untuk membersihkan diri. Tapi dengan adanya kesadaran untuk mandi menggunakan air bersih dapat mencegah bakteri atau virus yang memacu penyakit ini.

  •  Bersihkan Lingkungan Secara Berkala

Lingkungan yang kotor merupakan tempat utama tumbuhnya bibit penyakit. Bibit penyakit tersebut dapat menyerang siapa saja yang memiliki sistem immune yang kurang sehingga dapat menimbulkan penyakit. Dengan kesadaran membersihkan lingkungan, kita dapat mencegah tumbuhnya bibit penyakit di lingkungan kita.

  •  Cuci Tangan Sebelum Makan

Mungkin kelihatan sepele, tapi jika menganggap remeh cuci tangan sebelum makan dapat terjadi hal yang vital. Karena hampir semua aktifitas yang kita lakukan menggunakan tangan. Jadi memungkinkan bakteri dan kuman dapat terbawa oleh tangan kita.

 

Dengan Tips-Tips diatas diharapkan kita dapat memerangi dan mencegah penyakit keracunan makanan di lingkungan hidup kita.

keracunan makanan




Leave a Reply

Your email address will not be published.