Hati-hati Dalam Memberi Obat

Gejala infeksi saluran pernafasan meliputi badan pegal-pegal, kenaikan suhu tubuh atau demam, gangguan nafas seperti sesak nafas dan batuk, adanya lendir atau ingus yang keluar dari hidung, dan nyeri tenggorokan. Reflek pertama kali saat seseorang mengalami gejala diatas adalah minum obat, begitu juga orang tua yang memberi obat untuk anaknya. Namun jangan sembarangan memberi obat untuk anak lebih baik anda membaca dulu tips kesehatan anak yang ada di berbagai media untuk sang buah hati anda.

Untuk mengatasi demam pada anak anda bisa mengomresnya dengan air hangat atau menggunakan plester penurun demam yang kini banyak dijual di minimarket dan apotik. Jika demam tak kunjung turun, anda bisa memberiknya parasetamol dengan dosis sesuai anjuran dan jeda waktu yang seperti dianjurkan. Untuk melegakan rasa tidak enak pada tenggorokan anda bisa memberi si kecil minum air hangat.

Namun walau si kecil mengeluh sakit, jangan pernah memberikan aspirin pada anak . Aspirin mampu merusak fungsi liver anak, sehingga mampu menimbulkan sindrom yang menyebabkan berkurangnya fungsi hati.

Pastikan anak anda mengkonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup, menghindari lendir yang ada di saluran pernafasan anak tak mengental dan menjadi sulit untuk dikeluarkan. Hindari sebisa mungkin penggunaan obat pilek untuk mengatasi lendir yang ada dalam saluran pernafasan. Obat pilek pada anak dibawah 6 tahun tak memberikan banyak manfaat untuk meredakan gejala pileknya, malah hanya akan memberikan efek samping pada si anak. Mengatasi infeksi saluran pernafasan tak melulu harus dengan mengandalkan obat-obatan kimia, khusunya pada si kecil.

obat




Leave a Reply

Your email address will not be published.