Cara Merawat Rambut Sehat

Rumah bersih memanglah penting namun kebersihan dan keindahan rambut biasanya menjadi hal yang sangat penting untuk dijaga terutama untuk kaum wanita yang menganggap rambut sebagai mahkotanya. Namun pekerjaan yang sering menyita waktu, rasa malas, atau kurangnya pengetahuan tentang pentingnya merawat rambut membuat tidak sedikit wanita masih memiliki banyak masalah dengan rambutnya. Bagaimana agar memiliki rambut sehat dan terhindar dari rambut kusut, rontok dan susah diatur? Berikut beberapa tips merawat rambut agar semakin lebih indah.

Bersihkan Rambut Secara Teratur

Agar rambut dan kulit kepala terjaga, usahakan selalu membersihkan rambut setiap hari. Kamu bisa memakai conditioner cukup beberapa kali, namun pakailah sampo secara rutin. Rambut yang bersih tidak saja akan melancarkan sirkulasi darah, membantu mengurangi stres dan membantu jaringan metabolisme agar tetap tumbuh dan berkembang secara normal. Kutu rambut pun tidak akan muncul.

Pilih Sampo yang Tepat

Sangat disarankan membeli sampo berkualitas baik yang mampu menghilangkan minyak, sisik kepala, dan membuat rambut menjadi lebih lemas, gampang disisir, serta tidak mudah kusut. Ada banyak sampo pilihan yang sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala. Kamu juga wajib mengetahui apa masalah rambutmu, apakah berketombe, rontok atau sulit diatur sehingga bisa memilih sampo yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Pilah-pilih Sisir

Gunakan sisir yang bergigi renggang atau sikat rambut yang tidak tajam. Kesehatan rambut erat kaitannya dengan pemilihan sisir yang tepat. Sisir yang kurang baik akan mudah menyebabkan rambut rusak atau rontok. Hindari membeli sisir berbahan nilon karena berisiko menyebabkan rambut mudah patah. Sisir berbahan metal juga dapat merusak rambut. Jangan lupa, bersihkan sikat dari sisa rambut yang tersangkut.

Gunting Rambut

Guntinglah rambut secara teratur. Selain untuk menjaga penampilan, memotong rambut juga berguna agar ujung-ujung rambut tetap sehat, tidak bercabang, mudah patah, atau kering.

Jauhi Sinar Matahari

Sinar matahari dapat merusak rambut. Usahakan memakai topi atau payung saat bepergian di tengah terik matahari agar terlindungi dari sinar terik matahari.

Itulah beberapa tips kesehatan merawat rambut. Kamu juga bisa sesekali mencoba perawatan tambahan seperti melakukan masker rambut atau spa, baik di salon atau dengan perawatan sendiri. Apapun itu yang paling penting adalah terus menjaga kebersihan dan keindahan rambut secara rutin.

tips kesehatan




Leave a Reply

Your email address will not be published.