Mengatasi dan Merawat Kulit Wajah Bayi Terkena ASI

Si Kecil

Si Kecil

Gangguan kulit pada wajah bayi yang diakibatkan oleh tumpahan ASI atau air susu ibu seperti gatal-gatal dan bintik merah sebenarnya jarang sekali terjadi. Jika hal ini terjadi, ada kemungkinan si Kecil sangat sensitif terhadap protein yang terkandung dalam ASI dan hanya sebagian kecil bayi yang mengalami kondisi tersebut. Berhenti menyusui bukanlah cara yang tepat untuk mengatasinya, tetapi cukup dengan mengetahui bagaimana tips untuk mengatasinya dan cara memberikan perawatan kulit bayi yang mengalami gangguan kulit di wajahnya karena terkena ASI.

Ada beberapa tips yang harus Bunda ketahui mengenai bagaimana cara mengatasi dan cara memberikan perawatan kulit bayi yang mengalami gangguan kulit di wajahnya karenaterkena ASI, antara lain:
1. Cobalah dengan mengurangi atau menghindari makanan yang dapat memicu terjadinya alergi pada si Kecil seperti, kacang, udang, telur, cumi, kerang, susu sapi dan juga gandum. Dan perhatikan apakah gatal serta kemerahan yang diderita si Kecil hilang setelah Bunda berhenti menyantap makanan tersebut selama beberapa hari, jika tidak hilang, Bunda harus segera berkonsultasi dengan dokter.
2. Setiap kali saat hendak menyusui, Bunda persiapkan terlebih dahulu lap atau handuk kecil dengan air hangat atau bisa juga dengan menggunakan tisu basah khusus bayi atau kapas. Semua itu digunakan jika ada percikan ASI pada wajah si Kecil, Bunda dapat segera mengelapnya dan lakukanlah dengan lembut saat mengelap wajahnya.
3. Setiap kali menyusui, gantilah celemek bayi dengan yang bersih agar dapat mengurangi atau mencegah kontak kulit bayi yang sensitif dengan tumpahan ASI yang mungkin saja tertinggal di celemeknya. Setelah itu, cucilah dengan bersih celemek, selimut dan baju si Kecil yang terkena tumpahan ASI hingga noda ASI nya benar-benar hilang.
4. Bersihkanlah wajah si Kecil setiap habis menyusui lalu oleskan krim atau minyak zaitun pada bagian yang kemerahan dan gatal. Krim atau minyak zaitun dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat gatal tersebut.

Jadi dalam hal ini yang paling penting harus Bunda lakukan adalah selalu menggunakan handuk dan celemek bersih setiap kali si Kecil menyusu serta segeralah lap wajahnya jika terkena percikan atau tumpahan ASI.

Sumber,,




Leave a Reply

Your email address will not be published.