Tips Membersikan Si Kecil Agar Menyenangkan

Cara memandikan bayi

Cara memandikan bayi

Salah satu perawatan bayi yang cukup sulit dilakukan terutama bagi Bunda yang baru pertama kali memiliki bayi adalah memandikan bayi. Bunda harus benar-benar mengetahui bagaimana cara memandikan bayi yang baik dan benar agar aktivitas memandikan si Kecil menjadi kegiatan yang menyenangkan, aman dan tidak membuat si Kecil stress.
Berikut ini ada beberapa tips cara memandikan bayi yang benar sehingga menjadi menyenangkan, antara lain:
1. Gunakan bathtub jangan bathseat karena bathseat akan jatuh terbalik jika perekatnya lepas sehingga bayi akan terperangkap didalam air. Pilihlah design bathtub yang memiliki penahan agar si Kecil tidak terpeleset dan jika tali pusar si Kecil belum lepas, cukup lap tubuhnya dengan kain basah, jangan dimandikan ke dalam bathtub terlebih dulu, tunggu tali pusarnya lepas.
2. Isilah bathtub beberapa sentimeter dengan air suam-suam kuku dan periksa suhu air dengan memasukkan siku tangan Bunda ke dalam air. Suhu air sebaknya hangat dan tidak terlalu panas, pantaulah terus suhu air jika sudah mulai terasa dingin, itu berarti aktivitas mandi sudah selesai.
3. Waktu yang paling tepat untuk memandikan si Kecil adalah saat sebelum tidur malam dan setelah ia bangun tidur di pagi hari. Bagi bayi yang baru lahir, cukup mandikan 3 kali dalam seminggu tidak perlu dimandikan setiap hari.
4. Gunakanlah sabun lembut khusus bayi yang bebas pewangi atau pewarna. Peganglah kepala si Kecil dengan satu tangan, sedangkan tangan Bunda yang lainnya gunakan untuk memandikan tubuh si Kecil.
5. Bersihkan rambut si Kecil satu atau dua kali dalam seminggu saat mandi, gunakan sampo khusus bayi yang lembut dan tidak pedih di mata. Jika terdapat kerak di kulit kepala si Kecil, kelupas keraknya dengan menggunakan sikat lembut khusus bayi saat Bunda mengeramasinya. Bunda tidak perlu memasukkan tubuh si Kecil ke dalam bathtub untuk mengeramasi, cukup basahi rambutnya saja dengan lap basah.
6. Setelah selesai mandi, segera balutkan tubuh si Kecil dengan handuk dan keringkanlah dengan cermat. Pastikan tubuh si Kecil benar-benar terbalut sebelum Bunda memakaikan popok serta baju ganti untuknya.
Hal lainnya yang perlu Bunda ketahui adalah sebelum melakukan kegiatan memandikan si Kecil, sebaiknya Bunda persiapkan terlebih dahulu perlengkapan mandi seperti lap, sabun mandi, sampo, handuk, popok, baju ganti sehingga Bunda tidak perlu melepaskan tangan Bunda saat mendekap si Kecil.

Info Selengkapnya . . .




Leave a Reply

Your email address will not be published.