Menjaga Kehamilan pada Trimester Pertama

Cara Menjaga Kehamilan

Cara Menjaga Kehamilan

Seorang ibu yang menjalani masa kehamilan perlu menjaga dan memperhatikan kesehatannya. Selain itu, ia pun harus selalu waspada agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, selama masa kehamilan, Bunda harus mengetahui bagaimana Cara Menjaga Kehamilan agar selama menjalani masa kehamilan, Bunda dan janin tetap dalam keadaan sehat. Berikut ini ada beberapa Cara Menjaga Kehamilan yang dapat Bunda lakukan pada saat kehamilan trimester pertama:
1. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang kehamilan, baik itu melalui televisi, internet, atau tabloid.
2. Mulailah membiasakan diri menggunakan baju longgar walaupun perut belum membesar.
3. Pada trimester pertama kehamilan, Bunda akan mengalami mual serta muntah. Untuk mencegah dehidrasi, Bunda harus memperbanyak minum air putih atau jus buah.
4. Makanlah jenis makanan yang mudah dicerna seperti. Hindari makanan yang berminyak atau mengandung lemak tinggi seperti gorengan atau makanan bersantan.
5. Untuk menghindari rasa mual dan muntah, hindari aroma yang menyengat atau tidak disukai dan makanlah dalam porsi kecil tetapi sering. Jika Bunda ingin berbaring atau bangun dari tidur, lakukanlah secara perlahan.
6. Bunda harus membiasakan diri menyikat gigi setelah makan atau setelah muntah.
7. Jika Bunda akan melakukan aktivitas, sediakanlah selalu minuman dan makanan kecil yang mengandung kadar garam rendah. Makanan kecil tersebut yaitu seperti biskuit, roti gandum dan buah-buahan.
8. Sebelum bangun dari tempat tidur, makanlah makanan kecil terlebih dahulu.
9. Jika Bunda sulit tidur atau mengalami insomnia, minumlah segelas susu hangat.
10. Jika mengalami sembelit, minumlah air putih minimal 12 gelas sehari.
11. Jika ada keluhan sakit di bawah perut dan mengeluarkan flek darah terutama pada usia kehamilan lebih dari 4 minggu, segeralah memeriksakan diri ke dokter kandungan.Selain cara-cara di atas, Bunda juga dapat mengetahui informasi mengenai kehamilan dengan berkumpul mencari teman yang sama-sama sedang menjalani masa kehamilan sehingga Bunda dapat saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman dengan mereka.




Leave a Reply

Your email address will not be published.