Masalah Kesehatan yang Dialami Bayi Baru Lahir

Bayi Baru Lahir

Bayi Baru Lahir

Organ tubuh bayi baru lahir belum mampu berfungsi secara maksimal sehingga saat menjalani kehidupannya di minggu pertama, beberapa masalah kesehatan akan muncul. Masalah ini sangat wajar, tetapi Bunda harus mengetahui bagaimana cara mengatasinya dengan benar. Berikut ini ada beberapa masalah kesehatan bayi baru lahir yang wajar terjadi di minggu pertama kehidupannya, antara lain:
1. Sembelit. Kebiasaan buang air besar pada setiap bayi berbeda-beda, ada sebagian bayi yang buang air besar 3-5 kali sehari dan ada yang buang air besar sekali selama 3 hari. Hal ini berkaitan dengan apa yang diminum si Kecil, apakah ASI (Air Susu Ibu) atau susu formula. Bayi yang minum ASI, buang air besarnya akan lebih banyak dibandingkan dengan bayi yang minum susu formula.
2. Gumoh atau muntah. Biasanya terjadi pada separuh dari seluruh bayi hingga berusia 1 tahun dan merupakan hal biasa terjadi pada bayi yang bersendawa, menangis atau batuk setelah minum susu. Untuk meminimalkan gumoh pada si Kecil, tegakkan si Kecil selama 45 menit setelah menyusui dan untuk menghindari popok terlalu ketat. Selain itu, pilihlah ukuran puting botol susu yang tidak mengeluarkan cairan terlalu banyak atau saat pemberian ASI, Bunda harus dapat menahan laju ASI jika terlalu cepat karena si Kecil akan menghisap lebih kuat hingga meningkatkan udara yang masuk ke perut bersama susu.
3. Diare. Buang air besar si Kecil berair dan lebih mengkhawatirkan daripada sembelit karena akan mengakibatkan si Kecil mengalami dehidrasi jika terjadi lebih dari 5-8 kali selama 8 jam. Penyebabnya adalah makanan yang Bunda makan atau si Kecil mengalami infeksi. Dan, tanda lainnya yaitu mata si Kecil terlihat cekung, menangis tanpa air mata dan jarang buang air kecil. Segeralah bawa si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis secara serius.
4. Sakit Perut. Kondisi ini normal terjadi dan diakibatkan karena adanya pengembangan kolik sehingga menyebabkan sakit perut. Tandanya si Kecil menangis lebih dari 3 jam sehari atau selama 3 hari seminggu dan bertahan berminggu-minggu. Kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya saat si Kecil berusia 3-4 bulan.
5. Flu. Terkadang bayi mengalami flu 8-10 kali dalam satu musim, hal ini disebabkan sistem kekebalan tubuh si Kecil belum bekerja secara optimal.
Itulah beberapa masalah kesehatan yang wajar terjadi dialami oleh bayi yang baru lahir. Dengan mengetahui beberapa masalah tersebut di atas, Bunda akan lebih siap dan tahu bagaimana cara mengatasinya dengan benar jika dialami oleh si Kecil.

Info Selengkapnya . . . 




Leave a Reply

Your email address will not be published.