Kenali Gejala Kehamilan

Tanda Awal Kehamilan

Tanda Awal Kehamilan

Cukup banyak para wanita yang masih bingung atau belum dapat membedakan antara tanda akan datang menstruasi dengan tanda awal kehamilan sebenarnya, walaupun sebagian di antara mereka sudah pernah mengalami kehamilan. Banyak kasus ditemukan bahwa tanda awal kehamilan hampir mirip dengan tanda akan datang menstruasi. Karena ketidaktahuannya, mereka masih melakukan aktivitas yang sama dan mengonsumsi makanan yang sebenarnya tidak boleh dimakan pada saat hamil sehingga banyak ditemukan kasus keguguran.

Kebanyakan para wanita menganggap bahwa terlambat menstruasi adalah sebagai patokan tanda akan hamil, padahal bukan hanya itu saja, masih banyak tanda kehamilan lainnya yang perlu diketahui, diantaranya seperti di bawah ini:
1. Akan terjadi perubahan pada payudara, dimana kondisi payudara akan membesar dan semakin lembut, sehingga menimbulkan rasa sensitif yang lebih tinggi dan menimbulkan rasa sakit serta nyeri pada saat dipegang atau disentuh. Selain itu, puting susu akan membesar dan berwarna bertambah gelap, tak jarang disertai rasa gatal. Kemudian hormon HPL yang diproduksi tubuh untuk mempersiapkan ASI mulai beraktivitas dan pembuluh vena pada payudara juga akan mulai terlihat akibat adanya penegangan pada payudara.
2. Munculnya bercak darah sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Munculnya bercak darah biasanya diikuti kram perut yang terjadi secara teratur dan akan berlanjut hingga kehamilan trimester kedua sampai posisi uterus berada ditengah-tengah dan telah disangga oleh panggul.

Munculnya bercak darah inilah yang selalu disalah artikan sebagai datangnya menstruasi, padahal ada kemungkinan Bunda sedang dalam kondisi hamil. Beberapa tanda kehamilan di atas dapat dijadikan sebagai tambahan informasi bagi Bunda, sehingga Bunda akan lebih berhati-hati dan lebih mempersiapkan diri menyambut masa kehamilan dengan baik.

Sumber . . .




Leave a Reply

Your email address will not be published.