Pentingnya Menyusui Anak Sejak Melahirkan

Ibu Menyusui

Ibu Menyusui

Ada banyak keuntungan Ibu Menyusui bayi sejak dilahirkan. Seperti diketahui, susu ASI mempunyai banyak manfaat yang bisa diserap oleh bayi demi perkembangan tubuh dan otaknya. Ada suatu program yang namanya ASI ekslusif yang dikampanyekan agar diketahui oleh para ibu-ibu hamil tua dan yang baru saja melahirkan bahwa ASI harus diberikan secara ekslusif selama 6 bulan pertama setelah kelahiran sang bayi.
Maksudnya ASI eklusif adalah pemberian ASI saja kepada bayi tanpa diselingi makanan lain apapun juga, termasuk susu formula, bahkan yang paling mahal sekalipun. Kandungan Gizi dalam ASI jaun lebih baik dari susu formula paling mahal. Selain itu, kandungan ASI harus diberikan sejak pertama bayi lahir. Sang ibu harus memaksa dokter atau bidan yang melarang pemberian ASI pertama segera setelah bayi lahir karena ASI pertama mengandung zat yang paling penting dalam pembentukan dan perkembangan otak sang bayi. Bahkan orang tua dapat menuntut rumah sakit atau dokter yang melarang pemberian ASI pertama dengan alasan apapun.
Selain itu Ibu Menyusui bayinya dapat juga mendekatkan sang bayi dengan ibunya. Oleh sebab itu pemberian ASI harus dilakukan secara langsung tanpa harus ditempatkan kedalam dot atua botol terlebih dahulu. Dengan begitu anak akan merasa nyaman berada didalam dekapan ibu dan juga akan membuat anak menjadi tidak sering rewel.




Leave a Reply

Your email address will not be published.