Mitos Mengenai Popok Sekali Pakai

Mitos Mengenai Popok Sekali Pakai

Mitos Mengenai Popok Sekali Pakai

Ada beberapa mitos, tradisi dan kepercayaan mengenai Cara Perawatan Bayi Baru Lahir, salah satunya adalah dalam hal penggunaan popok. Cukup banyak para ibu yang ragu untuk menggunakan popok sekali pakai pada bayi baru lahir terutama saat si kecil masih berusia 0-40 hari, sehingga popok kain adalah pilihan yang tepat untuk si Kecil. Hal ini dikarenakan adanya kepercayaan bahwa jika menggunakan popok sekali pakai, dapat membuat kaki si Kecil bengkok.

 

Seorang dokter spesialis anak, Rosalina Dewi Roeslani SpA(K) dari Perinatologi RSCM mengatakan bahwa ada beberapa hal yang sering salah dimengerti mengenai penggunaan popok pada bayi baru lahir, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengakibatkan kaki bayi berbentuk O. Adanya anggapan dapat membuat kaki si Kecil bengkok atau memiliki kelainan, dokter Rosalina mengungkapkan bahwa hal tersebut belum dapat dibuktikan secara ilmiah. Saat lahir bentuk tubuh bayi seperti katak dengan kaki berbentuk O, hal ini dikarenakan tubuh bayi menyesuaikan dengan lingkungan rahim. Dan pada bayi yang sehat, tulang kakinya akan semakin lurus pada usia 4-6 tahun. Namun jika salah satu kaki si Kecil bengkok, maka hal ini harus dianggap serius dan segera konsultasikan dengan dokter.

2. Mengakibatkan ruam popok. Menurut dr. Rosalina, kulit bayi baru lahir sangat sensitif, segera bersihkan dan ganti popok dalam 2-3 jam sekali dan usahakan agar kulit bayi tetap kering serta jangan menghemat popok. Jika si Kecil terkena ruam popok, gunakan krim yang mengandung zinc dan jika semakin tidak baik, segera bawa si Kecil ke dokter, karena kemungkinan adanya infeksi. Dan untuk Bunda yang menyusui agar berhati-hati dengan makanan seafood atau kacang yang masuk ke si Kecil lewat ASI. Karena ada beberapa bayi yang tidak dapat mencerna sehingga menimbulkan ruam popok.

3. Melindungi tidur si Kecil. Jagalah selalu popok si Kecil agar tetap kering dan nyaman karena akan membuat tidurnya terlindungi sehingga pertumbuhan periode emas si Kecil akan berjalan dengan optimal. Terutama pada bayi baru lahir, sangat membutuhkan waktu tidur yang panjang dan berkualitas karena sangat membantu tumbuh kembangnya serta berdampak luas pada perkembangan perilaku juga mentalnya di masa yang akan datang.

 

Beberapa hal diatas dapat Bunda jadikan sebagai petunjuk tentang bagaimana Cara Perawatan Bayi Baru Lahir dalam hal penggunaan popok, sehingga Bunda menjadi tahu apa yang terbaik untuk buah hati Bunda demi tumbuh kembangnya agar berjalan dengan optimal.

 

 

Sumber




Leave a Reply

Your email address will not be published.