Mengatasi Dilema Ibu Baru Saat Menjaga Bayi

 

Mengatasi Dilema Ibu Baru Saat Menjaga Bayi

Mengatasi Dilema Ibu Baru Saat Menjaga Bayi

Menjaga Bayi Baru Lahir bagi seorang ibu baru merupakan momen yang membahagiakan juga sekaligus dapat menemukan hal-hal baru yang kadang cukup membingungkan dan membuat resah serta merepotkan. Situasi tersebut terkadang membuat seorang ibu baru menjadi dilema, mulai dari bagaimana meninggalkan si Kecil jika pergi mandi atau perlukah Bunda tetap menjaga ketenangan ketika si Kecil tertidur. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasinya, yaitu sebagai berikut:

1. Perlukah menciptakan ruangan yang tenang. Sebenarnya bayi baru lahir sangat mudah terlelap walaupun suasana ruangan dalam keadaan agak berisik maupun dalam keadaan tenang. Namun Bunda dapat membuat si Kecil agar memahami perbedaan antara siang atau malam hari yaitu misalnya dengan memberikan pencahayaan lebih terang atau suasana yang lebih ramai.

2. Bolehkan melakukan hal lain saat menyusui si Kecil. Menurut Jennifer Shu seorang dokter anak mengatakan bahwa, saat menyusui si Kecil seorang ibu dapat melakukan hal lain misalnya menonton televisi, menerima telpon atau berbicara dengan orang lain. Hanya saja usahakan agar penerangan tetap temaram dan suasana ruangan lebih tenang jika sedang menyusui si Kecil pada malam hari.

3. Bagaimana caranya jika hendak meninggalkan si Kecil sedangkan Bunda hanya berdua dengan si Kecil  misalnya ingin pergi mandi atau melakukan aktivitas lainnya. Taruhlah si Kecil di  tempat yang lebih aman agar si Kecil aman dan Bunda pun tenang saat melakukan aktivitas.

4. Jika ada tamu yang ingin melihat si Kecil akankah mengganggu si Kecil. Saat teman-teman atau kerabat mendengar Bunda telah melahirkan pastinya mereka ingin sekali melihat. Untuk mengatasinya, batasilah jumlah pengunjung atau tentukan waktu kedatangan mereka.

Beberapa cara diatas akan membantu Bunda untuk memudahkan Menjaga Bayi Baru Lahir dan memberikan jalan keluar disaat Bunda menghadapi situasi baru yang belum pernah Bunda temukan sebelumnya.

Sumber




Leave a Reply

Your email address will not be published.