Keuntungan Senam Air bagi Wanita Hamil

Senam Hamil dalam Air

Senam Hamil dalam Air

Selama menjalani masa kehamilan, biasanya ibu hamil sering mengalami berbagai keluhan. Salah satu keluhan yang paling banyak dialami adalah sakit punggung atau nyeri panggul. Hal ini disebabkan karena berubahnya ukuran perut yang semakin besar akibat bertambah besarnya janin yang ada dalam kandungan. Dan, rasa nyeri ini akan semakin meningkat sehingga dapat menganggu aktivitas sehari-hari dan juga dapat menganggu tidur Bunda. Oleh sebab itu, selama masa kehamilan, disarankan agar Bunda tetap melakukan olah raga ringan misalnya mengikuti kegiatan Senam Ibu Hamil.

Senam air adalah salah satu Senam Ibu Hamil yang dapat Bunda jadikan sebagai salah satu pilihan baik untuk menjaga stamina Bunda selama masa kehamilan, dimana senam air ini dilakukan di atas kolam renang dan memang dirancang khusus untuk ibu hamil. Senam air dapat membuat tubuh Bunda menjadi bugar selama menjalani kehamilan dan tidak akan memberi beban terhadap tulang serta sendi secara berlebihan sehingga mengurangi risiko cedera. Hal ini karena air dapat memberikan tekanan yang optimal terhadap otot sehingga membantu melatih ketahanan otot Bunda.

Selain itu, senam di dalam air juga akan meringankan beban di kaki serta punggung Bunda, memberikan manfaat bagi kebugaran jantung serta paru-paru dan membuat Bunda merasa lebih nyaman. Menurut laporan penelitian yang berasal dari The University of Campinas Sao Paulo dalam Jurnal Kesehatan Reproduktif menyebutkan bahwa senam air tidak akan menuntut melakukan banyak gerakan dan jika dilakukan secara teratur yaitu minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi 50 menit dapat meminimalkan rasa sakit ketika persalinan atau dapat memberikan keuntungan membantu memperlancar proses persalinan.

Sumber: www.ayahbunda.co.id/Artikel/Kehamilan/Gizi+dan+Kesehatan/senam.air.buat.ibu.hamil.bugar/001/001/1914/1




Leave a Reply

Your email address will not be published.