Kenali Jenis Kulit dan Tips Menanganinya

Mengatasi Kulit Kering

Mengatasi Kulit Kering

Banyak orang mengeluh karena kulitnya kering. Baik itu bibir yang kering, wajah, atau bagian tubuh lainnya. Hampir semua orang tak menyenangi bila kulitnya kering dan selalu berupaya untuk mengatasinya. Mulai dari mengonsumsi air, menggunakan pelembab, dan sebagainya. Namun, perlu diketahui bahwa kulit kering bukan semata disebabkan oleh faktor di luar manusia. Misalnya terlalu lama berdiam di ruangan AC atau salah menggunakan sabun. Ia bisa jadi merupakan jenis kulit yang dimiliki seseorang atau banyak orang. Oleh karena itu, perlu kiranya kita mengenali dulu jenis kulit kering baru kemudian mencari cara Mengatasi Kulit Kering.
Kulit manusia memiliki banyak jenis. Salah satunya jenis kulit kering. Jenis kulit ini didefinisikan sebagai berkurangnya kadar kelembaban stratum corneum (SC) Terkadang sulit bagi kita untuk membedakan antara kulit kering dan kulit yang mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, kita perlu cermat membedakannya. Ciri utama jenis kulit kering ialah terasa kasar dan kaku baik sebelum maupun sesudah dibersihkan. Pada beberapa orang, kulit ini mungkin terlihat retak, permukaannya yang kusam, pecah-pecah, gatal, tidak rata, hingga mengelupas. Sementara ciri kulit yang dehidrasi ialah agak ketat dan memiliki garis-garis halus.
Penyebab kulit kering ialah kekurangan asam lemak (lipid) dan kandungan air dalam kulit. Kulit manusia tersusun atas beberapa jenis unsur, salah satunya lipid yang berfungsi di antaranya untuk mencegah dehidrasi dan evaporasi air dari permukaan kulit. Sementara kandungan air yang dibutuhkan kulit bagian luar 10 persen.
Menangani jenis kulit kering dapat dilakukan dengan beragam cara. Khusus untuk orang dengan jenis tipe kulit kering maka penting kiranya untuk mengurangi hilangnya air lewat lapisan kulit luar (epidermis). Caranya dengan mengoleskan bahan yang bersifat hidrasi (moisturizer) atau pelembab dan emolien. Fungsi pelembab ialah untuk meningkatkan kadar air ke kulit. Sementara emolien berfungsi untuk membentuk lapisan penahan air.Emolien dapat ditemukan di antaranya pada :

1) lemak hewan seperti sapi dan domba.

2) Lemak tumbuhan seperti minyak kacang, zaitun, dan bunga matahari. Dan

3) Minyak mineral.

Di samping itu, untuk Mengatasi Kulit Kering kita dapat mengosumsi asam lemak esensial seprti Omega-3, Omega-6 yang dapat ditemukan pada jenis ikan laut seperti tuna dan sayuran berdaun.




Leave a Reply

Your email address will not be published.