Hindari Penyakit dengan Cuci Piring yang Sehat

Piring Kotor

Piring Kotor

Salah satu bagian rumah yang sangat penting adalah dapur. Dapur yang bersih akan menambah kenyamanan. Kualitas masakan yang tersaji juga akan lebih terjamin. Nikmatnya makanan yang kita santap sering meninggalkan noda atau kotoran dari sisa makanan. Piring Kotor pun menumpuk di dapur. Lalu bagaimana cara membersihkan piring dengan bersih dan sehat? Dan dapur juga kembali bersih dan tertata rapi. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan.
1. Membasahi Piring Setelah Makan
Membasahi piring dengan air setelah makan bisa memudahkan mencuci atau menghilangkan kotoran yang tersisa. Kotoran bisa berwujud lemak dari makanan yang berminyak dan nasi atau makanan yang mengering.
2. Membuang Sisa Makanan
Sisa makanan seharusnya dipisahkan dengan wadah tersendiri. Tidak menumpuknya dengan piring atau peralatan makan lainnya. Apalagi bila piring dan perabotan yang kotor tidak langsung dicuci. Hal ini guna menghindari datangnya kuman, bakteri dan hewan pembawa penyakit. Bila hewan kotor telah mengotorinya, ada kemungkinan penyakit yang ditinggalkannya.
3. Menggunakan Spons
Kebersihan spons juga harus diperhatikan. Karena digunakan untuk mencuci barang yang kotor pasti ada kemungkinan kotoran yang tertinggal di dalamnya. Setelah digunakan, cucilah dengan larutan anti bakteri. Sehingga spons tetap steril ketika digunakan kembali. Jangan lupa menggantinya secara rutin minimalnya satu bulan sekali. Jika belum sebulan sudah terlihat kotor atau rusak berarti spons sudah tidak layak pakai. Anda harus segera menggantinya.

Info Selengkapnya…




Leave a Reply

Your email address will not be published.