6 Hal Penting Saat Merawat Bayi Baru Lahir

Merawat Bayi Baru Lahir

Merawat Bayi Baru Lahir

Menjadi orang tua baru karena bayi pertama baru saja lahir, tentunya merupakan sebuah pengalaman yang hebat seumur hidup. Oleh sebab itu, Merawat Bayi Baru lahir harus dilakukan secara hati-hati dan dengan tepat. Selain itu, banyak hal-hal penting yang harus diketahui dan diperhatikan saat Merawat Bayi Baru Lahir. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Bayi adalah mahluk yang sangat lemah dan tulang punggungnya mudah sekali patah karena tulang sumsum belakangnya belum berkembang dengan baik. Oleh sebab itu, berhati-hatilah saat memegang kepala dan leher si Kecil, jika ingin mengangkat atau menidurkannya di atas kasur, peganglah baik-baik kepala si Kecil dan lakukan secara perlahan.
2. Jangan pernah mengguncang badan bayi yang baru lahir jika ingin membangunkannya, karena dapat mengakibatkan perdarahan serius di kepalanya.
3. Sebelum dekat-dekat atau memegang bayi, cucilah tangan dengan sabun atau sanitizer. Karena bayi yang masih kecil sangat rentan terhadap berbagai macam infeksi dan sistem kekebalan tubuhnya belum berkembang secara maksimal.
4. Jangan pernah mengajak main bayi dengan melemparnya ke udara. Cukup sering dijumpai, orang dewasa yang mengajak bayi bermain dengan melemparnya ke udara dan bayi biasanya akan tertawa tetapi secara refleks, Bunda akan memegangnya kuat-kuat bahkan kasar dan ini sangat berakibat fatal sehingga dapat menimbulkan risiko pada si Kecil seperti luka dan cedera pada tubuhnya.
5. Jika mengajak bayi berpergian, pastikan ia diletakkan di kursi mobil dalam keadaan aman dan tidak terguncang, karena guncangan dapat mengakibatkan si Kecil mengalami cidera.
6. Jika memang membutuhkan orang lain untuk membantu merawat si Kecil yang baru lahir, ajaklah ibu Bunda yang sudah berpengalaman untuk membantu Bunda merawat si Kecil. Selain itu, dokter juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk meminta informasi yang terbaik dalam merawat si Kecil yang baru lahir.

Sumber: helath.detik.com/read/2012/11/30/085010/2105693/1300/perhatikan-6-hal-ini-saat-merawat-bayi-baru-lahir




Leave a Reply

Your email address will not be published.