Tengkurap Dan Mengangkat Kepala

Si Kecil Tengkurap

Si Kecil Tengkurap

Tengkurap, setiap bayi memiliki perbedaan dalam tahap perkembangannya. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh stimulus yang diterima oleh sistem saraf. Tahap perkembangan bayi pada usia awal 3 samapi 4 bulan adalah tengkurap. Pada tahap ini bayi akan belajar tengkurap dengan menggunakan perut sebagai tumpuannya. Tahap ini dimulai dengan kemampuannya memiringkan badan ke kiri dan ke kanan. Bayi akan belajar memiringkan badannya sendiri ke kiri atau ke kanan. Setelah bayi semakin lihai memiringkan badan, bayi akan mulai belajar berguling. Bayi akan berguling ke satu sisi dan ke sisi yang lain.

Setelah bayi mampu memiringkan badan dan menggulingkan badan ke kedua sisi, bayi akan semakin kuat. Pada latihan memiringkan dan menggulingkan badan otot leher dilatih untuk menjadi semakin kuat. Bayi kemudian mampu menggerakkan kepalanya dan mulai mengangkatnya ketika bayi tengkurap. Tahap perkembangan bayi setelah tengkurap adalah mengangkat kepala.

Mengangkat kepala
Bayi akan mulai belajar mengangkat kepalanya setelah dia mampu tengkurap. Tahap perkembangan ini normalnya dimulai saat bayi berusia 4 bulan. Bayi akan mampu mengontrol gerakan kepala dan leher. Gerakan kepalanya akan semakin beragam sejalan dengan banyaknya gerakan latihan mengangkat leher yang bayi lakukan. Kekuatan mengangkat kepalanya yang semakin baik ditandai dengan kemampuannya menengadah untuk mencari suara ibu atau orang-orang disekitarnya. Bayi akan semakin pintar menggerakkan kepalanya dengan stimulus yang aktif diberikan setiap hari.




Leave a Reply

Your email address will not be published.