Resiko Utama Bayi

Resiko Utama Bayi

Resiko Utama Bayi

Bayi prematur mungkin sudah cukup sering kita temui, meskipun persentase kelahiran bayi prematur tidak tergolong tinggi. Namun, akibat yang ditimbulkan dari kelahiran bayi secarara prematur bisa menyebabkan bayi memiliki resiko-resiko yang tidak biasa. Bayi yang lahir secara prematur adalah bayi yang lahir ketika belum saatnya atau belum cukup waktu berada di dalam kandungan sang ibu untuk dilahirkan.

Resiko Masalah Perilaku

Bayi yang lahir prematur memang sesaat akan bisa diatasi dan juga diberikan prosedur medis untuk menunjang keberlangsungan pertumbuhan bayi agar tetap normal. Namun, studi medis menunjukkan bahwa anak yang lahir secara prematur dengan berat badan yang kurang memiliki kemungkinan untuk terkena resiko masalah perilaku, gejala depresi dalam diri, dan juga masalah kecemasan. Ini tentu tidak dapat disepelekan karena masalah-masalah ini dapat berujung ke persoalan psikologis anak.

IQ Rendah

Penelitian medis dari Reuters Health ini mengungkapkan bahwa anak yang lahir prematur akan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami masalah-masalah psikologis atau kejiwaan. Anak yang lahir prematur dimungkinkan memiliki masalah perilaku yang tinggi jika dibandingkan dengan anak yang lahir secara normal. Selain itu, bayi prematur juga memiliki resiko jangka panjang dengan IQ rendah. Ini memang cukup menghawatirkan mengingat anak yang lahir prematur jumlahnya cukup banyak. Karenanya, tindakan medis dan juga konsultasi psikologis bisa menjadi solusi paling baik untuk menangani masalah anak prematur sejak dini.




Leave a Reply

Your email address will not be published.