Perawatan Tali Pusat Bayi

Perawatan Tali Pusat

Perawatan Tali Pusat

Ibu baru yang harus merawat bayi baru lahir tentu akan mengalami beberapa tantangan terlebih saat bayi dan ibu sudah lepas dari bantuan perawat di rumah sakit. Tantangan terbesar bagi ibu adalah cara perawatan bayi baru lahir terutama di daerah tali pusat bayi. Acapkali ibu merasa serba salah saat membersihkan tali pusat karena salah sentuh sedikit saja, bayi bisa menangis keras karena kesakitan.

Cara Perawatan
Sebenarnya cara perawatan bayi baru lahir di area tali pusat sangat sederhana meskipun memerlukan ketelitian tingkat tinggi. Ibu perlu mengisahakan daerah sekitar tali pusat senantiasa dalam keadaan bersih dan kering agar terhindar dari jamur dan infeksi yang membuatnya lebih lama terlepas. Saat mengganti popok setelah bayi buang air besar, sebaiknya ibu melepas popok ke arah belakang agar kotoran atau air seni tidak mengenai tali pusat.

Membersihkan Tali Pusat
Pada saat mandi, ibu perlu memberikan perhatian khusus pada area tali pusat. Ibu perlu memastikan bahwa seluruh tubuh bayi termasuk area tali pusat dikeringkan menggunakan handuk yang lembut. Tali pusat harus dibersihkan dengan kapas yang sudah dicelupkan ke dalam alkohol 70% mulai dari pangkal hingga ujung dengan lembut. Kain kasa yang telah dicelupkan ke dalam alkohol 70% digunakan untuk membungkus tali pusat setelah diperas dari alkohol. Kain kasa tersebut hanya perlu dilipat tanpa harus diikat agar sirkulasi udara lancar. Ibu harus terus memantau kondisi tali pusat terutama jika ada tanda kemerahan, iritasi, mengeluarkan bau tidak enak, dan berdarah.




Leave a Reply

Your email address will not be published.