Penyebab Kulit Menjadi Kering dan Cara Mengatasinya

Kulit Kering

Kulit Kering

Banyak wanita yang mengeluh karena mengalami masalah kulit kering. Selain karena menimbulkan rasa tidak nyaman, kulit yang kering juga sangat mengganggu penampilan karena kulit yang terkelupas akan terlihat cukup mengganggu dan mengerikan, apalagi jika terdapat di bagian yang terlihat dengan jelas seperti wajah dan tangan. Kulit yang kering juga diklaim sebagai salah satu penyebab timbulnya kerutan sehingga wajah nampak lebih tua. Untuk dapat mengatasi kulit kering secara benar dan pas, mari kita simak apa saja penyebab kulit kering.

Udara dingin
Pada saat udara dingin, kelembapan disekitar kita justru berkurang dan hal ini akan membuat kulit menjadi kering seperti pada saat kita berada di ruangan ber AC atau pada saat musim dingin/salju. Untuk mengatasi kulit yang kering karena udara dingin kita bisa mengaplikasikan pelembap, body lotion, body butter, atau body cream setelah membasahi bagian kulit yang kering dan mengeringkannya secara lembut dengan handuk.

Kebiasaan mandi dengan air panas
Pada saat kita mandi, minyak yang diproduksi oleh kelenjar pada kulit kita akan ikut terbawa oleh air karena itu kulit akan menjadi kering. Terlebih dengan penggunaan air panas dan sabun yang mengandung bahan seperti sulfur dan triclosan akan membuat kulit semakin kering. Untuk mengatasinya, batasi waktu mandi maksimal 10 menit serta gunakan sabun yang mengandung banyak pelembap atau moisturizer.

Penyakit
Pada saat kita mengalami sakit tertentu seperti atopic dermatitis, psoriasis, eksim, gangguan kelenjar tiroid, dan beberapa jenis penyakit lainnya, kulit kita otomatis akan menjadi kering. Untuk mengatasinya, segera konsultasikan dengan dokter Anda agar penyakit yang membuat kulit menjadi kering dapat segera disembuhkan.




Leave a Reply

Your email address will not be published.