Merawat Bayi Dengan Menggendong

Menggendong Bayi

Menggendong Bayi

Bayi pada usia 0-2 bulan sering rewel. Hal itu sangat dipengaruhi perubahan suasana dari dalam kandungan . Selama dalam kandungan bayi mendapatkan kehangatan, kondisi tersebut sangat berbeda dengan suasana di ranjang bayi. Perawatan bayi di tiga bulan pertama yang paling utama adalah membuat bayi Anda merasa nyaman seperti ketika bayi berada dalam rahim, salah satu caranya yaitu dengan sering menggendongnya.

Menggendong akan membuat bayi manja.
Banyak para orangtua yang mengganggap bahwa menggendong bayi lebih sering akan membuatnya manja di kemudian hari. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena pada masa tertentu banyak menggendong dan membelai bayi justru akan memberi efek yang sangat positif pada tumbuh kembangnya. Apalagi untuk bayi 0-2 bulan, orang tua harus sesering mungkin menggendongnya untuk memberikan kehangatan pada buah hati Anda, dan terutama adalah bayi bisa mendengar detak jantung Anda, dan merasakan keberadaan Anda. Menggendong bayi adalah membuat ikatan emosional dengan bayi, selain aktivitas menyusui.

Sering menggendong yang salah.
Ketika bayi sudah mulai melakukan eksplorasi terhadap dirinya, benda di sekitarnya ataupun dengan ruangan, pastikan Anda mulai tidak terlalu sering menggendongnya. Ketika bayi sudah mulai merangkak biarkan ia lebih banyak berada di lantai, bukan dalam pelukan Anda. Karena dengan sering menggendongnya proses eksplorasinya akan menjadi terhambat. Support yang Anda berikan untuk proses eksplorasi bayi Anda ketika sudah mulai merangkak atau belajar berjalan adalah dengan mengurangi frekwensi Anda menggendongnya, karena akan membuat bayi Anda cepat pintar.




Leave a Reply

Your email address will not be published.