Kesalahan Saat Mendidik Anak Balita

Mendidik Anak

Mendidik Anak

Mendidik anak balita bukanlah hal yang mudah dilakukan. Hal ini sudah bukan rahasia. Namun ada saja orang-orang yang melupakan hal ini sehingga pada akhirnya tidaklah bisa mendidik putra putri mereka dengan baik. Ada cukup banyak orangtua yang melakukan kesalahan di dalam mendidik anak mereka yang masih balita.

Tidak Konsistennya Orangtua
Konsistensi sangat penting di dalam mendidik anak. Orang tua harus selalu ingat untuk bersikap konsisten terhadap komitmen mereka untuk mendidik anak. Contohnya adalah di dalam mengajarkan rutinitas sehari-hari seperti mandi, gosok gigi dan masih banyak lagi. Orangtua harus konsisten di dalam memberi tahu berbagai konsekuensi yang akan dihadapi seorang anak. Terlebih lagi, orangtua juga harus bisa memberikan contoh bagi anak-anak mereka untuk melakukan rutinitas tersebut. Ini juga merupakan bentuk konsistensi orangtua terhadap anak. Semakin konsisten orang tua, maka hasilnya semakin baik.

Orangtua Terlalu Banyak Bicara
Sikap orangtua yang terlalu cerewet tidaklah baik. Anak kecil bukan orang dewasa sehingga sebanyak apapun orang tua bicara, anak kecil tidak akan dengan cepat mengerti. Orangtua tidak disarankan untuk selalu menjelaskan apa yang ada secara detil ataupun juga membuat kontak mata. Jika seorang anak balita merengek meminta sesuatu, beri peringatan dan penjelasan dengan singkat. Jika balita masih saja merengek, maka perlu tindakan yang tegas seperti menjauhkan anak dari benda yang diinginkan.

About The Author

Meita Achiria

Leave a Reply