Jangan Khawatir Tentang Kulit Merah Bayi

Kulit Merah Bayi

Kulit Merah Bayi

Semua ibu pasti menginginkan bayinya memiliki kulit yang lembut, halus dan tanpa cela. Namun, kerap kali terdapat noda-noda pada kulit bayi terutama saat bayi baru lahir. Ini adalah proses yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Kulit bayi merah merupakan tanda bahwa bayi sedang mengalami adaptasi di lingkungan barunya. Di beberapa bayi juga sering terlihat jerawat yang muncul di sekitar kulitnya dan disebut dengan jerawat bayi. Jerawat ini muncul karena masih ada hormone dari si ibu pada tubuh bayi.

Penyebab Munculnya Kulit Merah
Kulit bayi merah dan tampak seperti gigitan nyamuk ini disebut dengan eritema toxicum. Biasanya kulit ini sering ditemukan pada bayi yang memiliki jenis kulit kering. Sebagian besar bercak merah tersebut ada di sekitar punggung bayi ke bawah. Bayi memiliki kulit yang masih sangat sensitive sehingga mudah terkena iritasi. Munculnya ruam bisa disebabkan oleh air liur bayi yang mengalir dan mengendap pada leher dan dagu sehingga menimbulkan iritasi.

Cara Mencegah Kulit Merah
Untuk mencegah timbulnya ruam tersebut, gunakan produk perawatan bayi yang terbuat dari bahan alami. Jika penggunaan produk malah semakin memperbanyak ruam yang muncul, maka segera hentikan pemakaian tersebut. Dalam membersihkan kulit bayi akan lebih baik jika dilakukan menggunakan sabun khusus dan kain yang lembut. Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan bedak pada bayi. Jika memang ingin menaburkan bedak, pastikan bahwa kondisi kulit bayi benar-benar kering.




Leave a Reply

Your email address will not be published.