Galakkan Pemberian Air Susu Ibu

Air Susu Ibu

Air Susu Ibu

Gerakan Pemberian ASI Eksklusif sudah sering dikampanyekan di mana-mana untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pemberian Air Susu Ibu (ASI). Jika anda berkunjung ke rumah sakit, klinik, perkantoran pemerintah ataupun melihat beberapa baliho di jalan, maka anda akan melihat banyaknya tulisan untuk menggiatkan pemberian air susu ibu secara eksklusif sampai dengan usia bayi mencapai enam bulan. Asi eksklusif berarti ibu seharusnya tidak memberikan apapun kepada bayi selain air susunya sendiri. Bayi tidak boleh medapatkan asupan makanan berat sebelum enam bulan dan juga susu formula yang dikemas dalam bentuk apapun.

Halangan Pemberian Asi Eksklusif
Di jaman sekarang ini dimana seorang wanita yang sudah menjadi ibupun memiliki karir sering membuat ibu tidak dapat memberikan Asi Eksklusif. Apalagi jika mereka memiliki pekerjaan dengan jam kerja yang sangat panjang. Tidak dapat dipungkiri, ini adalah halangan terbesar. Sedangkan halangan berikutnya adalah pemikiran bahwa asi hanyalah akan menguntungkan bayi dan ibu lebih menyukai susu formula yang lebih mudah dibuat dan didapatkan.
Jika ibu memberikan air susunya, sebenarnya bukan saja bayi yang akan diuntungkan, ibunya sendiripun akan mengalami berbagai keuntungan bagi kesehatannya. Jadi sebaiknya ibu tidak memikirkan bahwa memberikan air susunya kepada anaknya adalah sebagai pengorbanannya sebagai seorang ibu, namun sebagai kegiatan yang akan bermanfaat bagi kedua belah pihak. Ini akan membantu menghilangkan rasa ‘malas’ untuk menyusui.




Leave a Reply

Your email address will not be published.