Beberapa Senam Hamil yang dapat Dijadikan Pilihan

Senam Hamil

Senam Hamil

Saat seorang wanita ingin janinnya lebih sehat, ia juga perlu menjaga kesehatan janinnya dengan melakukan senam ibu hamil. Senam ini tentunya sudah tidak asing lagi. Gerakan yang dilakukan juga tidak terlalu melelahkan ataupun merepotkan. Meski demikian, manfaat yang diperoleh sangatlah besar. Bahkan tidak hanya mampu menjaga kesehatan sang calon ibu dan janin saja, senam hamil juga dapat membantu mempermudah proses persalinan. Sebenarnya ada beberapa macam senam hamil. Setiap senam memiliki gerakan yang berbeda-beda. Akan tetapi pada dasarnya semua senam tersebut memiliki manfaat yang serupa. Untuk memberi gambaran mengenai jenis senam hamil, berikut beberapa contohnya.

Jenis Senam Hamil
Senam aerobik adalah senam yang berirama, berulang dan cukup melelahkan. Akan tetapi untuk ibu hamil lebih disarankan untuk melakukan gerakan jalan-jalan. Gerakan ini sangat baik untuk merangsang paru-paru, jantung, otot dan sendi. Gerakan ini juga mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproses oksigen yang masuk ke dalam tubuh dan mampu memperlancar persalinan. Senam jenis lain yang juga bisa menjadi pilihan adalah kalistenik. Senam ini juga termasuk senam yang berirama akan tetapi gerakan-gerakannya lebih ringan.

Senam untuk Relaksasi
Selain itu juga ada senam relaksasi yang lebih fokus pada pelatihan pernafasan dan pemusatan pikiran. Untuk menjaga kebugaran panggul, ada senam kebugaran panggul yang bermanfaat untuk menguatkan otot-otot vagina dan perineal yang tentunya akan memiliki peranan yang sangat besar dalam proses persalinan. Semua jenis senam ibu hamil tersebut dapat dikombinasikan, akan tetapi jangan terlalu memaksakan diri.




Leave a Reply

Your email address will not be published.