Balita Cerdas, Balita Kuat

Balita Cerdas

Balita Cerdas

Memiliki Anak Balita yang sehat dan cerdas tentunya merupakan suatu kebanggaan. Namun perkembangan setiap anak itu berbeda-beda. Ada yang memiliki perkembangan yang sangat cepat, akan tetapi ada juga yang perkembangannya cukup lambat. Semua itu memang sangat bergantung pada makanan yang dikonsumsi, lingkungan hingga peranan orang tua dalam membangun pola pikir sang anak. Akan tetapi tiga tahun pertama anak adalah masa paling sensitive dan paling menentukan perkembangan sang anak. Hal ini dikarenakan otak manusia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat pada 3 tahun pertama. Bahkan perkembangan tersebut dapat mencapai 70 hingga 80%.

Peranan Ibu bagi Perkembangan Anak
Perkembangan anak memang sangat dipengaruhi oleh peranan dan didikan sang ibu. Dan jika pada 3 tahun pertama ibu mampu memberikan perhatiannya dan mendidik sang anak dengan baik, maka bukan hal yang mustahil bagi sang anak untuk memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi. Meski demikian, memberikan pendidikan kepada anak harus dilakukan secara terus-menerus tanpa memandang usia sang anak.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak
Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyediakan waktu khusus untuk melakukan kegiatan yang efektif untuk pendidikan anak. Pada waktu tersebut, ibu bisa menunjukkan satu per satu gambar menarik seperti gambar binatang kepada sang anak. Cara ini mungkin sedernaha, akan tetapi manfaatnya sangat luar biasa. Pada waktu 1 jam khusus itu ibu juga bisa mengajari anak berhitung dengna cara yang menyenangkan. Akan tetapi proses ini memang harus dilakukan secara teratur dan berkelanjutan. Dengan demikian, kecerdasan Anak Balita dapat terasah dengan baik dan hubungan antara anak dan ibu bisa menjadi lebih dekat lagi.




Leave a Reply

Your email address will not be published.