Bakteri di Tempat Lembab

Bakteri di Tempat Lembab

Bakteri di Tempat Lembab

Bakteri jahat merupakan sumber penyakit. Berbagai macam penyakit dapat dipicu oleh bakteri jahat, mulai dari gatal-gatal sampai radang pencernaan. Bakteri dapat berkembang biak dimana saja, terutama di tempat yang lembab dan kotor. Suhu lembab semakin mendorong bakteri berkembang biak. Perhatikan bagian rumah anda yang lembab, bisa jadi di area lembab tersebut bakteri jahat sedang berkembang biak. Area mana saja di rumah anda yang rentan menjadi tempat bakteri jahat berkembang biak? Tentu saja jawaban pertama adalah toilet, ruang cuci piring, ruang cuci baju, dan ruang-ruang tertentu di rumah anda yang memiliki suhu lembab.Perhatikan ruang cuci piring anda, terutama spons cuci piring anda.

Sifat Spons
Perlu diketahui bahwa spons memiliki sifat menyerap cairan sehingga membuat spons menjadi lembab. Disinilah letak permasalahannya, spons seringkali ditinggalkan dalam keadaan lembab. Seringkali penggunaan spons untuk mencuci piring berlangsung selama lebih dari 3 bulan. Tahukah anda bahwa spons yang bersifat menyerap cairan memiliki tingkat kelembaban yang sangat tinggi sehingga memicu pertumbuhan bakteri? Menurut penelitian oleh Arizona University, spons memiliki jumlah bakteri 200.000 kali lebih banyak daripada toilet.

Cara Membunuh Bakteri
Ada baiknya anda mengganti spons cuci piring paling lama satu bulan sekali. Bila anda merasa cara tersebut kurang efisien, anda dapat mencuci spons dengan air panas pada suhu 60 derajat celcius atau lebih setiap kali anda selesai menggunakan spons. Bakteri jahat akan mati pada suhu 60 derajat celcius.




Leave a Reply

Your email address will not be published.