Agar Bisa Menyusui Buah Hati

Menyusui Buah Hati

Menyusui Buah Hati

Sekarang ini banyak dijumpai seorang ibu yang tidak bisa menyusui anaknya setelah melahirkan. Kenapa hal ini bisa terjadi? Apakah takdir Tuhan? Iya, itu memang salah satu jawaban, tapi selain itu ada jawaban yang lebih tepat. Selama ini banyak ibu yang kurang memperhatikan kondisi kesehatan payudaranya ketika hamil sehingga ketika anaknya sudah lahir sang ibu tidak bisa menyusui anaknya. Bukan salah seorang bayi ketika tidak mau menyusu kepada ibunya. Lalu, apa yang harus dilakukan calon ibu menyusui agar nantinya bisa menyusui anaknya dengan baik?

Perawatan tiga bulan pertama
Di tiga bulan pertama kehamilan, seorang ibu harus mulai memeriksakan payudaranya. Agar bisa diketahui apakah kondisinya baik atau tidak. Sehingga ketika diketahui ada kelainan pada payudaranya bisa dideteksi secara dini dan dilakukan pengobatan yang tepat.
Selain itu ibu hamil juga harus banyak mencari informasi tentang kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil, nutrisi untuk ibu menyusui, dan nutrisi untuk bayi yang dikandungnya. Informasi ini bisa didapat melalui buku, televisi, penyuluhan, maupun dokter kandungan. Setelah informasi itu didapatkan tentunya harus dipraktekkan.

Perawatan tiga bulan kedua
Pada tiga bulan kedua seorang ibu harus sudah mulai melakukan perawatan untuk payudaranya. Biasanya banyak terdapat penyuluhan dari posyandu tentang perawatan payudara. Dari sana akan diajarkan bagaimana cara merawat payudara yang baik. Rajin-rajinlah mengikuti program tersebut.

Perawatan tiga bulan ketiga
Setelah umur kehamilan mencapat 34 minggu seorang ibu hamil harus mulai benar-benar rajin melakukan perawatan terhadap payudaranya, khususnya bagian puting susu. Lakukan pijatan yang tepat pada puting susu setidaknya dua kali dalam sehari. Hal ini akan mendorong puting susu menonjol keluar. Lakukan hal ini secara teratur agar produksi ASI lancar ketika sudah melahirkan nanti.

Jadi, untuk bisa menyusui dengan baik lakukanlah perawatan terhadap kesehatan payudara Anda sejak awal bulan pertama hingga melahirkan. Jangan sampai ketika sudah melahirkan nanti Anda menyesal karena Anda tidak bisa menyusui buah hati Anda.




Leave a Reply

Your email address will not be published.