Tips untuk menstimulasi anak

Stimulasi Anak

Stimulasi Anak

Anak kesayangan Anda tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik tanpa kehadiran Anda. Untuk itu Anda perlu menstimulasi anak Anda, agar perkembangan dan pertumbuhannya berjalan normal. Berikut adalah beberapa tips untuk menstimulasi anak Anda, yaitu:

  • Tuntun anak Anda untuk tengkurap dan melakukan tummy time. Tummy time adalah masa dimana anak bayi tengkurap sambil mengerak-gerakkan tangannya untuk meraih sesuatu. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan benda / mainan yang menarik sehingga anak Anda terdorong untuk mengambil dan ‘meneliti’ benda tersebut.
  • Ajak anak Anda bermain bola dengan menggerakkan-gerakkannya di atas bola. Hal ini sangat baik untuk anak Anda karena dapat memperkuat otot penyangga kepala dan bahunya serta berguna untuk mengasah keterampilan anak dalam menjaga keseimbangan.
  • Ajak anak Anda memekik gembira dengan menyediakannya boneka / benda yang dapat mengeluarkan suara, seperti boneka yang bisa bernyanyi atau kotak musik. Bunyikan suara boneka / benda tersebut di depan si kecil seraya tersenyum dan berseru, anak Anda pun akan ikut memekik senang.
  • Rangsang keterampilan motorik anak Anda dengan memberikannya 2 benda / mainan seperti sendok kayu dan piring plastik. Biarkan anak memegang kedua benda tersebut dengan kedua tangannya.
  • Ajari anak Anda untuk duduk dengan membaringkannya dan genggam kedua tangannya, lalu tarik dia dengan lembut ke posisi duduk. Peluk erat beberapa saat kemudian turunkan anak pada posisi semula secara perlahan.
  • Tuntun anak Anda untuk merangkak dengan meletakkan mainan kesayangannya sekitar 1 meter darinya. Secara spontan anak Anda akan menggerakkan lutut dan kakinya untuk maju mengambil mainan itu. Anda juga dapat memberinya contoh cara merangkak dengan merangkak bersama di sampingnya.
  • Ajari anak Anda untuk makan sendiri dengan memberinya finger food seperti kue kastengel, biskuit bayi, atau makanan yang dapat dipegang lainnya. Hal ini akan melatih kemampuan motorik halus anak Anda. Anda juga dapat memberinya makanan dengan mangkuk dan sendok plastik dan biarkan ia menyuap makanannya sendiri.

Sumber : http://www.ayahbunda.co.id/artikel/Bayi/Tips/10.tips.stimulasi.bayi/001/005/979/2




Leave a Reply

Your email address will not be published.