Nutrisi Terpenuhi, Ibu dan Kandungan Tetap Sehat

Nutrisi Ibu dan Kandungan

Nutrisi Ibu dan Kandungan

Kesehatan selama periode kehamilan harus tetap terjaga. Untuk menjaga kesehatan janin selama dalam masa kandungan, sebagai calon ibu Anda harus memperhatikan asupan gizi dan nutrisi. Terdapat beberapa asupan gizi yang harus dipenuhi Ibu Hamil, antara lain:

1. Asam folat
Asam folat berguna dalam perkembangan sel darah dan sistem saraf. Beberapa sayuran dan buah-buahan yang mengandung asam folat, yaitu beras merah, brokoli, bayam, tomat, pisang, jeruk, dan wortel.
2. Kalsium
Berguna di dalam pembentukan gigi dan tulang pada janin. Kalsium dapat diperoleh dari kacang-kacangan, sayuran hijau, serta susu.

3. Zat besi
Bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah serta untuk mencegah anemia bagi bumil. Zat besi terkandung di dalam daging, ikan, dan hati.

4. Vitamin A, C, dan D
– Vit A bermanfaat untuk imunitas janin, pemeliharaan mata, pertumbuhan kulit dan tulang. Makanan yang mengandung vitamin A adalah keju, minyak ikan, susu, wortel, dan hati.
– Vit C berguna sebagai pemeliharaan kesehatan gusi dan gigi. Vitamin C diperoleh dari buah-buahan, seperti; jeruk, mangga, dll.
– Vit D bermanfaat dalam pertumbuhan dan pembentukan tulang, diperoleh dari hari ikan, kuning telur, dan susu.

5. Karbohidrat dan Lemak
Kalori digunakan sebagai sumber tenaga sang ibu, dan terkandung di dalam umbi-umbian.

6. Protein
Berguna sebagai sumber kalori. Terkandung dalam beberapa sumber makanan yaitu: tahu, tempe, kacang-kacangan, putih telur, ikan, dan daging.
Disarankan bagi para Ibu Hamil untuk memenuhi asupan gizi tersebut di atas untuk menjaga kesehatan ibu dan janin, hingga proses kelahiran.




Leave a Reply

Your email address will not be published.