Memandikan Bayi Baru Lahir

Memandikan Bayi Baru Lahir

Memandikan Bayi Baru Lahir

Memandikan Bayi Baru Lahir terkadang sering dianggap sebagai suatu hal yang menakutkan bagi para ibu. Bayi baru lahir masih sangat rentan, karena alasan ini para ibu harus memahami dan mengerti bagaimana persiapan sebelum memandikan sang buah hati.

Berikut adalah apa saja persiapan dan hal yang harus diperhatikan ketika akan memandikan bayi Anda;

  • Gunakan kain lembut

Apabila Anda belum terbiasa memandikan bayi Anda yang baru lahir maka Anda bias menggunakan bantuan kain handuk lembut untuk mengusap dan menyeka keringat di tubuh bayi, setelah sepekan Anda bisa mencobanya dengan menggunakan air yang dibasuhkan perlahan ke tubuh bayi.

  • Gunakan air bersuhu hangat

Sebaiknya apabila Anda memandikan bayi Anda maka gunakan air hangat. Selain mencegah bayi kedinginan, air hangat pun bisa membuat bayi Anda terasa nyaman.

  • ¬†Gunakan sabun dan sampo khusus bayi

Bayi memiliki kulit yang begitu sensitive, maka Anda harus menggunakan sabun dan sampo khusus bayi, formula khususnya akan membuat kulit bayi Anda tetap sehat, tidak kering, dan tidak akan membuat iritasi.

Berapa kali sehari bayi Anda harus mandi? Sebetulnya tidak ada patokan khusus, Anda bias memandikan bayi Anda sehari sekali atau sehari dua kali. Karena Indonesia merupakan negara tropis dengan udara cenderung panas dan lembab, maka Anda bias memandikan bayi Anda dua kali sehari, pagi dan sore, hal ini akan membuatnya bayi lebih nyaman. Jika Anda memandikan bayi baru lahir dan tali pusarnya belum lepas, Anda harus esktra. Jangan membiarkannya basah karena berisiko infeksi. Membersihkan tubuh bayi yang tali pusarnya belum lepas yaitu dengan menyeka tubuhnya menggunakan air hangat.




Leave a Reply

Your email address will not be published.