Asam Folat bagi Ibu Hamil

Ibu Hamil

Ibu Hamil

Harapan pasangan yang telah menikah adalah mendapatkan buah hati yang sehat dan lucu. Anak yang sehat adalah anak yang tercukupi dari segi gizinya. Oleh karena itu, diperlukan perhatian lebih untuk kebutuhan gizi anak dan ibu yaitu selama masa kehamilan dan setelah kelahiran. Asupan gizi ibu hamil penting diperhatikan karena pada masa ini anak mendapatkan asupan makanan untuk bekalnya tumbuh dan berkembang seara optimal. Untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil, banyak produsen makanan dan minuman yang menyediakan makanan penuh gizi demi mendukung asupan gizi yang dibutuhkan ibu selama hamil.

Produk-produk tersebut berisikan zat gizi yang dibutuhkan oleh wanita hamil, seperti asam folat, vitamin A, B, C, zink, dan sebagainya. Asam folat adalah zat gizi yang diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan sel darah merah dan sel darah putih dalam sumsum tulang. Setiap hari manusia membutuhkan asam folat untuk pertumbuhan dan perkembangan sel atau jaringan. Namun, kebutuhan akan asam folat meningkat pada masa kehamilan. Dampak dari kekurangan asam folat pada masa kehamilan bagi janin yaitu dapat menyebabkan kecacatan. Oleh karena itu, berbagai produk penunjang wanita hamil memiliki kandungan asam folat.

Mayoritas produk untuk wanita hamil yang memiliki kandungan tersebut adalah susu. Bagi Anda yang mengalami gejala “ngidam” dan tidak menyukai susu, tidak perlu khawatir karena terdapat alternative sumber asam folat dan sumber zat gizi lainnya. Asam folat terdapat hampir disetiap jenis makanan, yaitu dalam sayuran hijau, daging merah atau ikan laut dalam, biji-bijian, kacang-kacangan, serelia, dan buah-buahan. Anda dapat memanfaatkan sumber tersebut dan menjadikan makanan yang lezat dan menyehatkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Chandra Kusumah




Leave a Reply

Your email address will not be published.