Mengenal Tahap Perkembangan Bayi 0 Bulan

Perkembangan Bayi

Perkembangan Bayi

Bagi orang tua terutama seorang ibu yang baru pertama kali memiliki bayi tentu saja menjadi hal yang cukup merepotkan dan harus dapat dengan cepat beradaptasi dengan si bayi agar segala sesuatunya dapat berjalan dengan baik. Dan yang paling utama adalah seorang ibu harus dapat menjaga kesehatannya dan tetap dapat memberikan ASI eksklusif bagi si bayi. Tahap pertumbuhan dan perkembangan bayi pada usia 0 bulan begitu menakjubkan, berikut ini satu per satu uraian masa pertumbuhan dan perkembangan bayi 0 bulan,

1. Pola Tidur Bayi, aktivitas yang paling disukai bayi semenjak hari pertama lahir adalah tidur. Bayi akan terbangun disaat lapar ingin menyusu atau karena pipis dan BAB. Ketika memasuki usia 1-2 minggu, bayi akan sering bangun untuk menyusu.

2. Reflek Gerak, anggota tubuh bayi mulai reflek terhadap sesuatu saat jari Anda menyentuh tangannya dengan reflek si bayi akan menggenggam dengan tangannya dan dengan cepat ingin menghisap jari Anda.

3. Pendengaran Bayi, pada usia ini semua fungsi bagian tubuh bayi belum berkembang maksimal, begitu pula dengan pendengarannya, sehingga tak heran terkadang bayi tidak akan kaget jika mendengar suara keras.

4. Penglihatan Bayi, mata bayi baru lahir biasanya akan terbuka terus dan jarang berkedip. Hal ini disebabkan mata bayi baru lahir belum bekerja sempurna dan juga belum bisa mengeluarkan air mata. Penglihatannya masih samar dan kabur, saat bayi menginjak usia 3-6 bulan, kedua mata bayi akan mulai bekerja dengan maksimal.

5. Merasakan Hawa, pada usia 0 bulan bayi sudah dapat merasakan hawa disekitarnya, baik itu hawa panas ataupun hawa dingin. Sebagai contoh pada saat hawa panas, bayi biasanya akan menangis sedangkan pada saat hawa dingin terutama pada malam hari, bayi akan gelisah menunjukkan tanda tak nyaman. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua harus lebih sensitif terhadap situasi serta kondisi di sekitar bayi Anda.

Sumber : namanakbayi.com/tahap-perkembangan-bayi-0-bulan




Leave a Reply

Your email address will not be published.