Cegah Infeksi Bakteri Makanan

Infeksi Bakteri Makanan

Infeksi Bakteri Makanan

Makanan yang baik adalah makanan yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Namun, saat ini, banyak produsen nakal yang mengonsumsi makanan yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah makanan yang terbuat dari bahan baku tidak segar. Seperti yang telah diketahui, kualitas makanan ditentukan oleh bahan baku yang berkualitas baik. Bahan baku yang tidak berkualitas akan menimbulkan makanan mudah terkontaminasi oleh Bakteri Makanan, khususnya bahan baku basah seperti daging, sayuran, dan buah-buahan. Faktor lain yang memudahkan makanan untuk terkontaminasi oleh bakteri adalah cara penyimpanan. Penyimpanan yang baik adalah yang disesuaikan dengan jenis makanan dan dalam wadah tertutup. Cara tersebut diyakini dapat menambah masa simpan dan mencegah terjadinya kontaminasi bakteri.

Bakteri dapat hinggap di makanan kapanpun. Apabila kita mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh bakteri, tubuh akan mengeluarkan suatu reaksi sesuai dengan daya tubuh individu. Contohnya adalah muntah, diare, ataupun sakit dibagian perut. Bakteri yang masuk akan menginfeksi organ tubuh dan mengeluarkan zat racun sehingga tubuh akan melawan dan berusaha untuk mengeluarkan zat racun tersebut. Apabila tidak ditangani dengan segera maka akan membahayakan kesehatan dan berujung pada kematian. Untuk mencegahny, Anda harus mencermati makanan yang akan dikonsumsi. Sebaiknya Anda membuat sendiri makanan yang akan dikonsumsi. Selain biaya produksi yang rendah, kualitas makanan juga terjamin. Selain itu, kebersihan personal juga penting. Biasanya sebelum mengonsumsi makanan Anda mencuci tangan terlebih dahulu dan menggunakan alat makan yang bersih. Hal ini dapat meminimalisasi terjadinya pencemaran makanan akibat Bakteri Makanan.

Kesehatan dan makanan adalah elemen yang tidak terpisahkan. Andalah yang menentukan makanan yang akan dikonsumsi dan baik atau tidak bagi kesehatan. Selamat mencoba.
Tiyani Rahmawati




Leave a Reply

Your email address will not be published.