Bahan-Bahan Kimia Berbahaya Pada Sabun Mandi

Bahan Kimia Pada Sabun Mandi

Bahan Kimia Pada Sabun Mandi

Sudah seharusnya Sabun Mandi memiliki fungsi untuk membersihkan kulit dari kotoran dan debu, namun ternyata pada kenyataannya tidak jarang bahan yang terkandung dalam pembersih kulit ini justru sebagai penyebab terjadinya alergi (allergen). Sabun yang mengandung allergen dapat menyebabkan dermatitits yaitu terjadinya suatu peradangan di kulit yang menimbulkan kemerahan, gatal atau berupa bentol kecil yang berisi cairan. Peradangan ini disebabkan karena terjadinya kontak antara allergen dengan tubuh melalui kulit dan apabila penggunaannya tidak dihentikan maka dapat mengakibatkan terjadinya permasalahan kulit yang lebih parah lagi. Dan salah satu cara yang menyebabkan dermatitis berkembang lebih cepat adalah karena seringnya terjadi kontak kulit dengan sesuatu yang dapat memicu timbulnya alergi yaitu salah satunya melalui perantara Sabun Mandi.

Berikut ini beberapa nama bahan kimia yang terkandung pada produk sabun yang dapat menimbulkan alergi di kulit, antara lain:

  1. Sodium Lauryl Sulfate (SLS), biasanya ditemukan dalam sabun dan shampoo yang berfungsi membuat sabun berbusa saat digosok pada tubuh. Bahan kimia ini adalah sejenis deterjen yang berfungsi untuk memecah minyak dan lemak di kulit. Jika SLS ini digunakan dalam waktu yang lama melemahkan lapisan minyak, padahal lapisan minyak ini sebagai penghalang masuknya allergen dari luar dan benda-benda asing dari luar dapat terhalang untuk masuk kedalam kulit, Jadi jika lapisan minyak kulit melemah maka benda-benda asing dari luar akan dengan sangat mudah masuk kedalam kulit.
  2. Paraben (parahydroxybenzoic), bahan kimia ini digunakan sebagai bahan dasar membuat sabun, shampoo, pasta gigi dan deodorant. Reaksi akibat dari bahan kimia ini jarang terjadi namun jika terlalu sering digunakan akan timbul alergi.
  3. Balsam Peru (myroxylon), bahan kimia in digunakan untuk membuat sabun, shampoo dan parfum yang dapat membantu penguapan. Reaksi yang timbul dari bahan kimia ini adalah eksim di tangan atau ruam merah di kulit.
  4. Wewangian, sebenarnya pewangi tidak memiliki peran penting dalam perawatan kulit hanya sebagai tambahan saja. Reaksi yang timbul dari bahan ini adalah kulit kering dan gatal.

Sumber : health.detik.com/read/2010/03/22/175626/1323065/766/bahan-bahan-di-sabun-mandi-yang-memicu-alergi




Leave a Reply

Your email address will not be published.